Waspada Dengue Fever Bali Symptoms, Ini Cara Mengobatinya!

Dengue fever Bali symptoms menjadi salah satu gejala yang banyak diwaspadai oleh masyarakat Bali. Kebanyakan orang yang mengunjungi daerah tropis disarankan untuk menjauhi gigitan nyamuk, bukan hanya karena sakit tetapi juga karena beberapa nyamuk dapat membawa dan menyebarkan infeksi tertentu.

Wisatawan yang berkunjung ke Bali dapat mengalami dengue fever Bali symptoms berupa suhu tubuh yang tinggi dan dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa. Negara-negara seperti Indonesia yang beriklim subtropis dan tropis rentan terhadap penyakit ini. Salah satu dari empat virus dengue adalah yang menyebabkan demam berdarah. 

Demam berdarah (DBD) bentuk penyakit yang dapat ditularkan oleh virus dengue itu sendiri. Komplikasi demam berdarah yang memburuk adalah demam berdarah dengue. Saat berkunjung ke Bali dan mengalami gejala demam berdarah, segera cari pertolongan medis untuk penanganan lebih lanjut.

Jika digigit nyamuk Aedes yang terinfeksi, seseorang dapat tertular virus Dengue. Namun tidak semua orang mengalami gejala tersebut. Nyamuk mengontrak virus dengan menggigit seseorang yang memilikinya dan ketika menggigit orang sehat lainnya, ia dapat menyebarkannya kepada mereka. 

Dengue fever Bali symptoms tidak menularkan dari manusia ke manusia secara langsung. Masyarakat yang tinggal Bali sering terjangkit demam berdarah, sehingga harus menjaga diri dari gigitan nyamuk. Terlebih lagi, Anda juga harus memahami gejala yang harus diwaspadai pada mereka yang mengalami demam.

Pengertian Virus Dengue atau Demam Berdarah

Demam dengue merupakan gejala demam berdarah, penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue. Dengue fever Bali symptoms biasanya memakan waktu 3 hingga 14 hari untuk bermanifestasi setelah seseorang digigit nyamuk pembawa virus dengue. Virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk tertentu seperti Aedes aegypti dan Aedes albopictus merupakan penyebab utama penyakit ini. 

Biasanya, nyamuk ini menggigit orang di daerah leher dan pergelangan kaki. Mereka dapat ditemukan di daerah padat penduduk seperti Denpasar, ibu kota, dan penularan biasanya terjadi di sepanjang hari. Siapa pun dapat mengalami kondisi ini, terlepas dari status, jenis kelamin, atau usia. Kebanyakan kasus biasanya ditemukan pada musim hujan.

Dengue Fever Bali Symptoms

Demam tinggi dan nyeri di belakang mata merupakan tanda khas infeksi virus dengue pada stadium awal. Dengue fever Bali symptoms biasanya diawali dengan suhu tubuh tinggi yang berlangsung selama 4-7 hari setelah gigitan nyamuk. Kondisi demam bisa melebihi 40 derajat Celcius. Adapun gejala dengue fever Bali lainnya, yaitu: 

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Ketidaknyamanan di bagian belakang mata
  • Nyeri sendi, otot dan tulang yang parah
  • Nafsu makan berkurang
  • Muntah dan mual
  • Ruam yang berwarna merah.

Setelah demam mereda selama 3 hingga 4 hari, ruam dapat menyebar ke seluruh tubuh sebelum menghilang selama 1 hingga 2 hari. Ruam kedua mungkin muncul beberapa hari kemudian. Sementara beberapa orang hanya mengalami gejala ringan seperti demam, orang yang terinfeksi mungkin tidak menunjukkan gejala seperti ini. Namun, ini bisa menjadi parah dan menyebabkan pendarahan fatal, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, dan masalah kesehatan lainnya.

Pengobatan Dengue Fever Atau Demam Berdarah

Setelah mengetahui dengue fever Bali symptoms yang dapat Anda waspadai, berikut pengobatan yang mungkin dapat Anda terapkan. ​​Untuk mengobati gejala demam berdarah dan menghindari infeksi yang lebih serius, beberapa tindakan dapat dilakukan. Di antara pengobatan yang mungkin direkomendasikan dokter adalah:

  • Tidur yang cukup
  • Sering mengkonsumsi cairan untuk mencegah dehidrasi
  • Parasetamol direkomendasikan sebagai obat yang umumnya aman untuk mengobati demam
  • Obat pereda nyeri harus dihindari karena dapat menyebabkan komplikasi dengan perdarahan
  • Awasi seberapa sering Anda buang air kecil dan berapa banyak urin yang Anda keluarkan

Baca Juga : Bocah Berusia 1,5 Tahun Hilang Misterius di Ulujami Pemalang

Demikianlah informasi seputar Dengue Fever Bali Symptoms. Bagi Anda yang sudah menerapkan pengobatan sederhana di rumah, namun tak kunjung membaik, segera hubungi dokter. Jangan menunggu untuk membuat janji dengan dokter jika gejala demam berdarah semakin parah dan tak mengalami perubahan.

Leave a Comment