Unisono: Pengertian, Teknik Bernyanyi & Contoh Lagu

Menyanyi adalah salah satu bentuk seni yang paling banyak digunakan. Kegiatan ini juga dikenal sebagai pemrosesan vokal yaitu latihan pembelajaran berbasis teknik yang melindungi pita suara. Teknik Unisono merupakan salah satu teknik yang dimungkinkan untuk bernyanyi secara individu atau kelompok.

Unisono adalah ungkapan yang tidak umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi perlu diketahui lebih banyak. Dalam dunia musik istilah “Unisono” banyak digunakan. Teknik ini adalah gaya bermain vokal serentak dan menggunakan alat musik. Namun, ini lebih umum digunakan dan dikaitkan dengan menyanyikan sebuah lagu.

Teknik bernyanyi ini mengacu pada sekelompok orang yang bernyanyi dengan satu suara. Sesuai dengan pengertian bahasa, kata unisono berasal dari bahasa Italia, yang bisa diartikan sebagai satu suara.

Penyanyi Unisono

Penyanyi unisono harus berasal dari dari jenis vokal yang sama dan kemudian akan membaur ketika mereka menemukan tanda Unisono dalam paduan suara. Bernyanyi serempak, menurut laman Kemendikbud.go.id, tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan sekelompok orang dengan satu suara.

Berbagai suku di Indonesia sering menggunakan gaya bernyanyi ini untuk membawakan melodi populer. Hanya melodi utama yang digunakan dalam model ini. Berikut karakteristik penyanyi unisono secara detail, yaitu:

  • Banyak orang mengambil bagian dalam pertunjukan (kelompok)
  • Hanya melodi utama yang digunakan.
  • Meskipun partisipasi banyak orang, hanya satu suara yang terdengar.
  • Dalam musik populer, biasanya diiringi oleh konduktor orkestra.

Teknik Bernyanyi Unisono

1. Pernapasan

Karena keterampilan pernapasan yang efektif dalam menyanyi membutuhkan waktu lama untuk berkembang, ini adalah salah satu aspek yang paling penting dari menyanyi. Ada beberapa teknik pernapasan, antara lain:

  • Pernapasan Dada

Pernapasan dada adalah teknik pernapasan yang melibatkan pengisian paru-paru bagian atas dengan udara. Jenis pernapasan dada ini kurang begitu cocok untuk bernyanyi.

  • Bernapas Dari Perut

Pernapasan perut adalah teknik di mana perut membengkak dan rongga perut mengembang, memungkinkan udara masuk ke perut dari luar. Teknik pernapasan ini tidak menahan udara untuk waktu yang lama dan otot perut tidak cukup kuat untuk menghembuskan napas. Akibatnya, paru-paru menjadi lemah dan kelelahan. Jenis pernapasan ini juga tidak cocok untuk menyanyi.

  • Pernapasan Diafragma

Septum ruang dada dan perut adalah tempat pernapasan diafragma terjadi. Pernapasan diafragma adalah teknik yang terdiri dari menjaga udara di paru-paru tanpa melelahkan sehingga nafas dikeluarkan dengan hemat dan sering dari diafragma dan otot punggung di sisi kiri dan kanan.

2. Artikulasi

Teknik bernyanyi unisono juga mementikan artikulasi yang baik. Seni mengucapkan kata-kata dengan suara Anda dikenal sebagai artikulasi vokal. Tingkatkan pengucapan kata-kata Anda sehingga Anda dapat memahami apa yang Anda katakan. Lafal, pengucapan kata, dan perubahan rongga dan ruang pada pita suara untuk membentuk bunyi ujaran merupakan contoh dari artikulasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

3. Frasering

Kalimat adalah sekelompok ketukan yang membentuk satu kesatuan dan diakhiri dengan rapi, dengan tanda istirahat (koma) di tengah dan tanda berhenti yang meyakinkan di akhir (titik).

4. Resonansi

Resonansi merupakan salah satu teknik bernyanyi unisono. Teknik ini digunakan untuk meningkatkan kualitas suara vokal. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan ruang udara yang bergetar pada bagian mulut dan tenggorokan.

5. Intonasi

Pitch mengacu pada poin tinggi dan rendah dari sebuah catatan, yang harus dicapai dengan tepat.

6. Sikap Tubuh

Saat bernyanyi, postur yang baik mengacu pada cara berdiri atau duduk dalam posisi yang benar. Akibatnya, akan berdampak pada kualitas suara yang dihasilkan dan memungkinkan kelenturan dalam proses pernapasan.

Contoh Lagu Unisono

Berikut adalah 10 contoh lagu yang bisa dinyanyikan secara unisono. Umumnya lagu tersebut merupakan lagu daerah Indonesia.

1. Anging Mamiri ( Sulawesi Selatan)
2. O Ina Ni Keke ( Sulawesi Utara)
3. Bungong Jeumpa ( Aceh)
4. Malauk Manjala ( Kalimantan Tengah)
5. Apuse (Papua)
6. Yamko Rambe Yamko ( Papua)
7. Butet ( Sumatera Utara)
8. Ampar – Ampar Pisang ( Kalimantan Selatan)
9.Gunung Salahutu ( Maluku)
10. Gundul-Gundul pacul ( Jawa Tengah)

Itu dia penjelasan mengenai Unisono: Pengertian, Teknik Bernyanyi & Contoh Lagu. Teknik ini sudah diberlakukan sejak lama dan menghasilkan paduan suara yang begitu indah. Apalagi jika lagu daerah Indonesia dinyanyikan, rasa cinta tanah air semakin membara.

Leave a Comment