Umbi Talas: Pengertian, Efek Samping, Manfaat & Jenis

Tidak hanya rasanya yang enak, umbi talas ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan lho. Hal ini karena nilai gizi talas yang menjadikannya salah satu makanan paling sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Pengertian Umbi Talas

Talas adalah umbi yang tumbuh di benua Afrika, Amerika dan Asia. Tumbuhan yang memiliki nama latin Colocasia Esculenta ini berasal dari Indonesia dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam camilan lezat, antara lain kue bolu, keripik, kolak, bubble tea, dan es campur. Umbi ini memiliki rasa yang unik, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Jenis Umbi Talas

Talas merupakan tumbuhan perdu yang dapat mencapai ketinggian 1,5 meter. Umbi talas memiliki bentuk lonjong atau melingkar, berwarna coklat dan berat masing-masing dapat mencapai 4 kg. Ada empat jenis talas di Indonesia yang semuanya cukup terkenal dan berasal dari berbagai daerah di tanah air. Ini dia 4 jenis talas lainnya, yaitu:

  • Talas Padang

Talas padang memiliki ukuran umbi yang lebih besar dibandingkan dengan talas varietas lainnya. Tumbuhan umbi asal padang bisa mencapai ketinggian 2 meter. Talas Padang memiliki rasa pahit dan aroma seperti lengkuas. Jenis umbi talas ini biasanya dibumbui dan dijadikan keripik.

  • Talas Bogor

Bentuk talas Bogor cenderung membulat. Talas Bogor dipanen 6-9 bulan setelah ditanam. Talas Bogor hadir dalam dua varietas yaitu ketan talas dan mentega talas. Ketan ketan memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan mentega talas yang lebih berbutir. Akan tetapi talas mentega memiliki aroma yang lebih kuat dari pada talas ketan.

  • Talas Pontianak

Warna ungu pada umbi talas menjadi khas asal Pontianak. Karena tekstur dari Pontianak kurang mengembang, maka tidak cocok untuk direbus atau digoreng. Karena warnanya yang ungu alami, talas Pontianak biasanya dijadikan hidangan masakan yang menarik seperti pai talas, es krim talas, dan puding talas.

  • Talas Belitung

Talas dari Belitung umumnya memiliki batang semu. Kimpul adalah nama lain dari talas ini. Talas ini kurang mengembang karena mengandung banyak lendir. Perebusan dan penggorengan, serta bahan tambahan makanan, adalah cara umum mengkonsumsi talas belitung.

Kandungan Umbi Talas

Talas menyediakan banyak nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia serta memiliki rasa yang manis dan nikmat. Mangan, serat, vitamin B6 dan vitamin E adalah nutrisi terpenting dalam talas. Mangan adalah mineral yang dibutuhkan untuk berbagai metabolisme tubuh.

Kandungan talas yang kaya akan serat sangat bermanfaat dan baik untuk pencernaan. Pencernaan dibantu oleh kandungan seratnya. Antioksidan termasuk vitamin B6 dan E. Vitamin B6 membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Vitamin E membantu menjaga kesehatan kulit dan mata.

Manfaat Umbi Talas Rebus

Tidak hanya rasanya yang lezat, namun siapa sangka umbi-umbian yang satu ini punya banyak manfaat tak terduga yang baik untuk kesehatan. Yuk, simak 7 manfaat talas yang dapat mempengaruhi kesehatan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat talas yang tinggi berkontribusi pada manfaat dietnya. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi lebih banyak serat memiliki berat badan yang lebih rendah dan lemak tubuh yang lebih sedikit.

Serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari dengan memperlambat pengosongan perut. Akibatnya, itu juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

  • Meningkatkan Kesehatan Usus

Manfaat umbi talas rebus yang ketiga yaitu dapat membantu kesehatan pencernaan. Serat talas dapat menyediakan makanan bagi kuman di usus dan mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan.

Selain itu, bakteri usus akan memfermentasi serat ini dan menghasilkan asam lemak rantai pendek, yang akan memelihara dan memperkuat sel-sel yang melapisi usus. Serat juga dapat membantu pencernaan dengan mencegah kembung, sembelit, dan kelebihan gas.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Beta-karoten dan cryptoxanthin adalah salah satu antioksidan yang ditemukan dalam talas. Antioksidan ini berguna untuk menjaga penglihatan yang baik dengan mencegah degenerasi makula dan katarak dengan melawan radikal bebas yang merusak mata.

  • Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buat para wanita, manfaat umbi talas rebus ini cukup menggiurkan yaitu mampu meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan adanya vitamin E dan A di dalamnya. Kedua vitamin ini juga dapat membantu memperbaiki sel kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan mencerahkan kulit yang sehat.

  • Membantu Mengelola Gula Darah

Serat dan pati resisten adalah dua karbohidrat yang ditemukan di talas yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Serat dapat membantu mengurangi pencernaan dan penyerapan karbohidrat lain, sekaligus mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Disamping itu, pati resisten yang terkandung dalam talas tidak dapat dicerna, maka tidak meningkatkan kadar gula darah. Kedua elemen ini adalah manfaat diabetes talas karena menyediakan berbagai karbohidrat.

  • Mengurangi Kemungkinan Terkena Penyakit Jantung

Nah, kali ini salah satu manfaat umbi talas rebus bagi kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Serat talas dan pati resisten dianggap mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi lebih banyak serat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Selain itu, pati resisten yang dikandungnya dapat membantu menurunkan kolesterol, yang telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

  • Penambah Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C pada Talas dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan asing yang berbahaya. Vitamin C juga membantu dalam mencegah perkembangan masalah kesehatan yang signifikan.

Efek Samping Umbi Talas

Talas memang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun, jika talas tidak dicerna atau dimetabolisme dengan baik, dapat menyebabkan sejumlah efek samping lho. Berikut beberapa efek yang mungkin Anda rasakan, yaitu:

  • Merangsang Rasa Gatal

Saat dimakan atau diolah, talas mengandung getah yang dapat menyebabkan iritasi. Lidah, tenggorokan, dan tangan bisa terasa sakit. Rasa gatal ini berpotensi menyebabkan iritasi kulit. Rasa gatal pada talas dapat dikurangi dengan pengolahan yang tepat. Jika talas direndam setelah dikupas, dicincang dan dibilas, maka getah talas akan hilang. Untuk menghilangkan komponen lateks pada talas, rendam dalam larutan garam.

  • Menyebabkan Penyerapan Kalsium Terhambat

Selain rasa gatal yang disebabkan oleh kandungan lateks, efek samping umbi talas juga terdapat kandungan zat kimia oksalat yang tinggi, yang berdampak negatif bagi kesehatan. Asam oksalat adalah asam kuat yang menghasilkan garam natrium dan kalium yang larut dalam air. Jumlah oksalat dalam tubuh mempengaruhi penyerapan kalsium.

Jika kadar oksalat terlalu tinggi, oksalat akan bereaksi dengan kalsium dalam bentuk kristal kalsium oksalat. Kehadiran asam oksalat dan kalsium oksalat dalam makanan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Talas yang dikupas, dicuci dan dipotong-potong dapat direndam dalam air hangat untuk menghilangkan asam oksalat dan kalsium oksalat.

Olahan Umbi Talas

Talas dapat dibuat menjadi berbagai masakan yang enak dan sehat. Maka tidak heran jika talas banyak diminati oleh masyarakat pada umumnya. Talas dapat digunakan sebagai makanan pokok ataupun camilan. Intip olahan talas yang paling umum berikut ini.

  • Kue Bolu Ungu Talas

Olahan umbi talas satu ini sudah terkenal dengan kelezatannya dan menjadi oleh-oleh khas Bogor. Karena dibuat dengan cara yang sama seperti spons biasa, sepertinya spons ini bisa dibuat di rumah.

Kukus talas, tepung terigu, santan, gula pasir, telur dan beberapa komponen penyedap rasa kue hingga kue empuk dan matang. Anak-anak mengapresiasi persiapan ini karena memungkinkan mereka merasakan manfaat talas.

  • Kudapan Manis Kolak Talas

Kolak talas bisa digunakan sebagai pengganti kolak pisang yang lebih banyak disantap. Prosedurnya hampir sama dengan pembuatan kolak ubi jalar. Alih-alih gula putih, kami merekomendasikan gula aren.

Kompot talas cukup enak, tapi jangan makan terlalu banyak. Ini karena gula dalam makanan lain, seperti gula aren dan santan, dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Talas Goreng

Persiapan olahan umbi talas yang paling sederhana adalah talas goreng. Bentuknya juga dapat ditentukan oleh preferensi pribadi, seperti keripik atau stik. Untuk menghindari lemak berbahaya yang ditemukan dalam minyak tua, jangan menggunakannya.

Talas dipotong-potong sesuai selera, lalu dibumbui dengan bawang putih dan sedikit garam. Setelah itu, masak hingga konsistensinya kering dan garing.

Harga Umbi Talas

Umbi-umbian talas ini memiliki harga yang berbeda-beda dipasaran. Kualitas, jenis talas, serta lokasi membeli talas merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harganya. Apabila Anda berjalan-jalan di toko online, Anda akan menemukan kisaran harga talas mulai dari Rp.10.000 per kg atau Rp. 54.000 per 5 kg. Tentu bukan hanya harga yang Anda harus pertimbangkan, namun juga kualitas talas yang masih segar dan baik dikonsumsi ya.

Baca Juga : Cara Menghitung Telat Haid dan Dikatakan Hamil Dengan Mudah

Itu dia penjelasan mengenai Umbi talas, tanpa disadari makanan sederhana tersebut punya banyak hal positif buat kita. Yuk mari coba rasakan manfaatnya langsung dengan mengkonsumsi talas. Selamat mencoba!

Leave a Comment