Tumpeng Menoreh Pilihan Destinasi Wisata Baru Di Jateng

Anda pernah berkunjung ke Yogyakarta? Jika ya, pasti familiar dengan wilayah Kulon Progo yang merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, kawasan ini memiliki beragam tempat unik dan menarik untuk dijelajahi. Tumpeng Menoreh adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata baru di Jogja.

Pendakian baru dengan pemandangan gunung yang indah dan udara segar. Restoran yang terletak di atas bukit itu sudah ramai pengunjung.

Tempat wisata ini dilengkapi dengan restoran yang belakangan viral di media sosial. Karena baru dibuka pada Mei 2021, objek wisata ini masih tergolong baru. Wisata ini diciptakan oleh penyanyi Erix Soekamto, yang menjelaskan bahwa nama Tumpeng Menoreh terinspirasi oleh kombinasi bukit yang menyerupai kerucut tumpeng dan lokasi memang bernama Menoreh.

Mengingat lokasinya yang berada di kawasan perbatasan Magelang, Kulon Progo dan Purworejo alias Gelang Projo, Erix Soekamti mendirikan restoran ini dengan melibatkan masyarakat sekitar dan anak muda yang dikenal dengan komunitas Gelang Projo.

Menikmati Wisata Tumpeng Menoreh

Bukan ide yang buruk untuk mengetahui apa keunikan dari destinasi yang akan kita kunjungi. Lantas, apa sih yang menjadi daya tarik dari wisata di Kulon Progo, Yogyakarta ini? Alasan pertama banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi Wisata Tumpeng Menoreh adalah karena memiliki pesona alam yang mempesona. Keindahan alam disuguhkan berupa hamparan perbukitan hijau bagi para pengunjung.

Mengingat lokasinya di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, kawasan ini secara alami menyegarkan dan mempesona. Bukan tidak masuk akal untuk percaya bahwa lokasi ini sangat ideal untuk melihat matahari terbenam dan matahari terbit. Pengunjung akan dimanjakan dengan kilauan bintang yang memandang ke atas dan lampu-lampu rumah indah yang memandang ke bawah saat malam tiba.

Selain itu, Tumpeng Menoreh Gelang Projo memiliki desain yang unik. Lokasi ini dapat digambarkan sebagai platform observasi di mana pengunjung dapat mengagumi pemandangan 360 derajat keindahan alam. Bagi Anda yang suka berfoto selfie, tempat ini akan memberikan Anda hasil jepretan yang fantastis!

Disamping itu, pengunjung tidak hanya disuguhi oleh pemandangan indah, namun mereka juga dapat mencicipi berbagai makanan tradisional Jawa yang ditawarkan di tempat wisata ini.

Menunya cukup bervariasi dari soto, opor ayam, tumis terong, brongkos, mangut lele, gorengan dan snack lainnya. Kopi, wedang tradisional, teh dan minuman lainnya tersedia untuk menemani udara yang dingin. Harga menu berkisar dari Rp 2.000 hingga Rp 40.000.

Fasilitas Tempat Wisata

Adapun fasilitas tempat wisata di Jogja ini menawarkan layanan sebagai berikut:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Lokasi foto
  • Gazebo
  • Restoran

Harga Tiket Masuk Tumpeng Menoreh

Wisatawan akan membayar tiket masuk sebelum memasuki objek wisata Tumpeng Menoreh di Jogja. Adapun harga untuk menikmati wisata ini yaitu sebesar Rp 50,000 rupiah. Tiket masuk tersebut sudah termasuk voucher makanan dan minuman. Untuk biaya parkir dimulai dari Rp 2.000 rupiah bagi kendaraan motor, dan Rp 5.000 rupiah untuk parkir mobil.

Lokasi Menoreh Tumpeng

Alamat tempat wisata ini berada di kelurahan Sumbersari, Pagerharjo Samigaluh, Kecamatan Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673. Tumpeng Menoreh berjarak sekitar 37 kilometer dari Yogyakarta, dan membutuhkan waktu sekitar satu jam 15 menit untuk menuju ke sana. Cara termudah untuk menuju ke tempat wisata ini adalah dengan lewat jalur Kulon Progo.

Baca Juga : Taman Herbal Insani: Info Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Dari Tugu Jogja menuju Jalan Lingkar Barat bisa langsung menuju perempatan Nanggulan. Lanjutkan sampai Anda mencapai perempatan Dekso. Belok kiri dan ikuti rute berliku menuju perbukitan. Tetap di jalur utama selama jarak 14 kilometer. Nanti ada gerbang Nglinggo-Tritis. Kemudian belok kanan ke Kebun Teh Nglinggo. Tempat wisata tujuan Anda berada di sebelah kiri jalan.

Leave a Comment