Tuba Fallopi: Pengertian, Fungsi, Gambar & Bagiannya

Pengertian Tuba Fallopi

Tuba fallopi adalah elemen penting dari sistem reproduksi wanita yang membantu dengan menstruasi dan pembuahan. Organ ini merupakan saluran yang menghubungkan ovarium dengan bagian rahim. Panjangnya sekitar 10-13cm dan diameternya 1cm. Saluran tuba dapat tersumbat pada beberapa wanita karena gangguan atau kondisi tertentu. Akibatnya, wanita dengan masalah tuba fallopi mungkin mengalami kesulitan untuk hamil.

Selama ovulasi, saluran ini memungkinkan sel telur bergerak dari ovarium ke rahim dan juga bertindak sebagai titik pertemuan sel telur dan sperma selama pembuahan. Perjalanan sel telur ke rahim terhambat jika tuba falopi tersumbat. Sindrom ini berpotensi menyebabkan kehamilan di luar kandungan.

Fungsi Tuba Fallopi

Fungsi tuba fallopi yang utama yaitu membantu dalam pembuahan dengan mengangkut telur dari ovarium ke rahim. Namun, tidak hanya itu, ada beberapa fungsi lainnya dari salah satu organ tubuh ini, yaitu:

1. Perjalanan Sel Telur

Fiambre mengumpulkan telur dan “menyapu” mereka ke arah rahim. Gerakan silia dan peristaltik, yang merupakan kontraksi berirama dari otot tuba, membantu mengontrol gerakan ini.

2. Transmisi Sperma

Sperma keluar dari rahim dan memasuki tabung, di mana mereka dapat bertemu dan membuahi sel telur.

3. Menjaga Sperma Tetap Aman

Jika sperma berada di luar rahim, ia akan mati dengan cepat, dalam waktu kurang dari 60 menit. Sperma dapat hidup 3 sampai 5 hari di dalam rahim dan saluran tuba.

4. Tempat Pembuahan

Ampula tuba fallopi juga berfungsi sebagai titik pertemuan sel sperma dan sel telur, memungkinkan terjadinya pembuahan atau pembuahan.

5. Pergerakan Embrio

Telur yang dibuahi kemudian pergi ke rahim, di mana ia dapat menanamkan dirinya sendiri dan tumbuh menjadi kehamilan rahim jika ditanamkan. Namun, ada juga sistem sterilisasi, yaitu dimana dengan sengaja mengganggu peran organ ini. Proses ini umumnya dikenal sebagai “mengikat tabung” dimana telur tidak akan bisa sampai ke rahim.

Apa Yang Terjadi Jika Saluran Tersumbat?

Apabila penyumbatan terjadi pada tuba fallopi, maka akan membuat sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur di rahim, yang mengakibatkan tidak terjadi pembuahan. Gangguan ini dapat menyebabkan masalah reproduksi (kemandulan) atau menyulitkan untuk memulai proses kehamilan.

Gejala saluran tuba yang tersumbat jarang terjadi. Namun, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri perut bagian bawah dan keputihan yang tidak teratur pada beberapa wanita. Beberapa kelainan yang dapat menyebabkan saluran tuba tersumbat atau rusak, antara lain:

  • Endometriosis
  • Peradangan panggul
  • IMS (infeksi menular seksual)
  • Apendiks pecah
  • Keguguran
  • Kehamilan etopik
  • Penggunaan spiral

Tuba fallopi yang tersumbat harus diperiksakan ke dokter spesialis karena dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Ultrasonografi, histerosalpingografi (HSG), atau pemeriksaan endoskopi tuba falopi akan digunakan untuk menilai apakah tuba benar-benar tersumbat (histeroskopi). Setelah penyebab pecahnya tuba falopi diidentifikasi, dokter akan meresepkan pengobatan berbasis penyebab. Oklusi tuba fallopi mungkin memerlukan pembedahan jika perlu.

Bisakah Seorang Wanita Mengalami Pembuahan Ketika Saluran Tersumbat?

Ya, masih bisa! Karena wanita yang hanya memiliki satu saluran tuba masih memiliki peluang untuk hamil. Hal ini dimungkinkan selama tidak ada masalah pada saluran pencernaan atau organ reproduksi lainnya. Jangan berkecil hati dahulu jika saluran tuba Anda tersumbat di kedua arah. Selama kualitas sel telur, sperma dan indung telur pasangan Anda baik, Anda dapat menggunakan IVF atau IVF.

Gambar Tuba Fallopi

Berikut gambar lengkap seputar tuba fallopi.

gambar tuba falopi

Bagian Tuba Fallopi

Tuba fallopi terdiri dari empat bagian dasar:

  • Fimbriae : bagian ini adalah struktur bersilia seperti jari yang menangkap sel telur dari ovarium.
  • Infundibulum : merupakan tempat dimana fimbriae melekat.
  • Ampula : bagian terluar tuba falopi, tempat sperma dan sel telur berinteraksi, biasanya merupakan tempat pembuahan.
  • Isthmus : salah satu saluran berukuran kecil yang menghubungkan ampula dengan rongga rahim.

Demikian penjelasan mengenai penjelasan tuba falopi secara lengkap. Mengingat pentingnya saluran tuba dan organ reproduksi wanita lainnya, kesehatan mereka harus dipertimbangkan. Rawat organ reproduksi Anda mulai dari sekarang dan jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Comment