Taman Herbal Insani: Info Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Tak dipungkiri bahwa tempat wisata memang menjadi salah satu tempat yang diminati masyarakat untuk bercengkrama. Beberapa pengelola lokasi wisata belakangan ini merespon kebutuhan akan atraksi wisata yang berbeda dari lokasi wisata pada umumnya yang hanya mengandalkan unsur keindahan sebagai daya tarik salah satunya taman herbal insani sawangan Depok.

Hal ini ditunjukkan dengan munculnya tempat-tempat wisata baru dan lama yang berusaha memberikan nilai tambah kepada para tamunya selain aspek keindahan. Nilai tambah ini dapat berupa komponen pendidikan atau komponen kesehatan.

Taman wisata Herbal Insani merupakan salah satu contoh objek wisata yang menggunakan kualitas lain selain estetika untuk menarik pengunjung. Taman Herbal Insani merupakan tempat yang penuh dengan pengetahuan khususnya ilmu tanaman herbal, serta lingkungan sekitarnya yang menarik dan cocok sebagai tujuan wisata.

Anda bisa berlibur kesini sambil mempelajari cara menanam, mengolah, dan bahkan membeli obat herbal tradisional. Liburan ke Taman Herbal Insani akan memberikan tambahan pengetahuan baru sekaligus ketenangan dan kesejukan pikiran.

Taman Herbal Insani Depok

Ingin mengisi akhir pekan dengan berlibur ke tempat rekreasi sekaligus menambah wawasan? Yup! Gampang banget, Anda dapat mengunjungi tempat wisata Herbal Insani ini. Taman ini cukup terkenal dan menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi pengunjung Jakarta dan Depok. Meski letaknya terpencil di pinggir kota Depok, Taman Herbal Insani menarik banyak wisatawan setiap harinya.

Area wisata ini lahir dengan ide menggabungkan taman herbal dengan taman rekreasi hijau. Dan, sejak awal berdirinya sebagai ruang publik, taman ini telah menarik banyak pengunjung yang berbondong-bondong ke sana setiap hari, pada hari kerja dan akhir pekan.

Ketenaran taman manusia tumbuh dari waktu ke waktu dan tampaknya tak terbendung. Wisatawan dari luar Depok bahkan Jawa Barat pun kerap mengunjungi kebun herbal ini yang kini tak hanya ramai dikunjungi oleh warga Depok dan Jakarta, tetapi juga wisatawan dari daerah lain di Jawa Barat.

Taman ini sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah yang didampingi oleh gurunya. Para siswa datang tidak hanya untuk bermain tetapi juga untuk belajar tentang berbagai tanaman herbal di taman.

Beberapa saung telah dibuat sebagai tempat pemberhentian para pelancong sebelum turun untuk menikmati dan menemukan segala sesuatu di taman ini, serta mendirikan paviliun untuk acara-acara khusus dan tempat pertemuan bagi wisatawan yang biasanya mengikuti paket wisata.

Aktivitas Dan Wahana taman Wisata Herbal Insani 

Taman Herbal Insani adalah lingkungan yang segar dan alami untuk bersenang-senang di luar ruangan. Untuk mendorong aktivitas wisata di lokasi ini, berbagai wahana dan permainan pun disediakan.

Wisata ini menyuguhkan Anda sarana pembelajaran yang menyenangkan sekaligus memberikan hiburan. Wisatawan akan menerima pelatihan langsung dan dapat berlatih sendiri mengenai tanaman herbal. Perjalanan ini mendorong pengunjung untuk belajar tentang kegunaan tanaman obat, serta cara budidaya dan pengolahannya.

Terdapat pula tur pabrik di PT. Herbal Insani yang diselenggarakan untuk mempelajari pembuatan obat-obatan herbal. Hiburan lainnya termasuk latihan memanah. Ada juga kegiatan untuk orang tua yang menyukai senam.

Wahana Permainan

Taman Herbal Insani ini menawarkan pengunjung berbagai wahana permainan. Memancing, pacuan kuda, egrang dan balap karung hanyalah beberapa contohnya. Pengunjung juga dapat mencoba kelincahan dan menaiki rakit atau kano. Sejauh ini, tempat wisata ini telah menyediakan lahan untuk memanah, bola dan memancing.

  • Saung Di Tengah Kolam

Wisatawan yang ingin makan dapat melakukannya di saung yang indah dengan pemandangan alam. Anda bisa menikmati makan siang sambil mengagumi pemandangan dari gubuk tambak tradisional yang ada di tengah tambak. Selain itu, suguhan santapan akan dinikmati bersama alunan gamelan Sunda. Hal ini tentu saja akan berkontribusi pada suasana yang asri.

  • Kolam Renang

Bagi Anda yang berencana untuk bermain air atau berenang, tak ada salahnya untuk mempersiapkan beberapa perlengkapan renang. Taman wisata ini memiliki dua kolam renang yang keduanya sangat menyenangkan untuk anak-anak. Karena kolamnya dangkal, sangat ideal untuk digunakan sebagai area bermain anak-anak.

  • Kunjungan Pabrik Herbal

Tidak hanya rekreasi semata, para pengunjung juga akan belajar tentang pembuatan ramuan herbal. Wisatawan akan dapat merasakan langsung proses pembuatan jamu saat menjelajahi pabrik. Mulai dari bentuk mentah, bubuk dan kapsul, hingga sterilisasi ultra red.

  • Mempelajari Tumbuhan Herbal

Selain itu, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang keanekaragaman flora di area  Taman Herbal Insani. Selama program berlangsung pengunjung dapat mengunjungi tanaman obat di kebun Herbal. Dimulai dengan identifikasi, pengolahan obat herbal, pengenalan dan khasiat tanaman obat, kursus ini akan memandu Anda melalui keseluruhan proses.

Ada juga kebun kelinci, yang melengkapi pemandangan indah area persemaian herba. Taman ini akan menarik pengunjung, terutama yang membawa keluarga dan anak-anak. Pengunjung dapat memberi makan kelinci di taman ini sekaligus melihatnya.

Harga Tiket Taman Herbal Insani Depok

Kabar baik bagi Anda, meskipun Taman Herbal Insani telah menjadi salah satu tempat wisata paling populer di daerah tersebut dan sering dipadati orang, pihak pengelola tidak mengenakan harga tiket masuk yang tinggi.

Harga tiket masuk taman herbal insani depok dibanderol mulai dari Rp 30.000 untuk orang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak usia 4 hingga 12 tahun. Untuk aktivitas memanah, memberi makan kelinci, becak, terapi ikan (30 menit), dan wahana sepeda air dikenakan biaya Rp 5.000. Anda juga bisa menyewa bebek atau perahu kano seharga Rp 15.000. Bila Anda berkunjung bersama keluarga besar, menyewa saung dapat menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan. Harga sewa saung mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000.

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Spot Foto, Raft Pools, Cano Boat, dan pool lap semua sudah termasuk dalam tiket masuk.
  • Di loket, pengunjung bisa langsung membeli tiket.
  • Taman Insani terbuka untuk orang dari segala usia.
  • Anak-anak berusia empat tahun ke atas sudah memenuhi syarat untuk membeli tiket masuk.
  • Pembelian khusus untuk hari H dan pengunjung tidak dapat memesan tiket.
  • Pengunjung harus memindai scan barcode PeduliLindungi pada saat kedatangan.
  • Anda wajib mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.

Lokasi Taman Herbal Insani

Tempat wisata ini terletak di kota Depok, tepatnya di Jl.Kp. Alamat lengkap Sangkar No. 26, Duren Seribu, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Anda bisa memulai perjalanan dari Wates sepanjang Jalan Abdul Wahab hingga Jalan Raya Muchtar dan menggunakan lokasi kantor kecamatan Sawangan sebagai titik awal.

Sekarang setelah Anda menemukan kantor kecamatan Sawangan, Anda perlu mencari kantor Alfamart lain di kawasan Pengasinan, yang dekat dengan kantor kecamatan Sawangan. Setelah itu, belok kiri dan lurus terus hingga mencapai Gang Wadas.

Setelah keluar dari Gang Wadas, lurus terus ke Jalan Duren Seribu yang akan membawa Anda ke Lapangan Pusaka. Sebuah tanda atau spanduk yang menunjukkan lokasi Taman Insani hadir di seluruh lapangan. Taman herbal ini terletak sekitar 150 meter dari ladang Pusaka. Jika Anda masih kesulitan mencari cara menuju ke kebun Herbal Insani dari petunjuk di atas, Google Maps adalah pilihan lain.

Baca Juga : Cipak Koceak Jajanan Khas Garut, Begini Cara Bikinnya!

Demikian penjelasan seputar tempat wisata Taman Herbal Insani Depok. Tempat wisata ini sangat direkomendasi bagi Anda yang menyukai wisata alam yang asri dan sejuk. Tidak hanya bersenang-senang, mengunjungi taman ini juga akan menambah wawasan Anda mengenai ramuan herbal.

Leave a Comment