Surat Nurbuat: Arti Bacaan, Manfaat & Khasiat Amalannya

Doa adalah tindakan meminta sesuatu kepada Tuhan, umat Islam didorong untuk berdoa karena memiliki banyak manfaat. Pernahkah Anda mendengar seseorang berdoa secara profetik? Doa kenabian adalah doa untuk keselamatan akhirat, juga dikenal sebagai cahaya kenabian. surat Nurbuat atau Nubuwwah adalah nama lain dari doa ini (nurun nubuwaah).

Tentunya akan memberikan banyak manfaat di dunia dan di akhirat bagi yang membacanya. Anda diundang untuk membaca doa ini jika Anda ingin bahagia di dunia dan di akhirat.

Bacaan Surat Nurbuat

Pengucapan Surat Nurbuat

Allahumma dzis-sultaanil-‘aziimi wa dzil-mannil-qadiimi wa dzil-wajhil-kariimi wa waliyyil-kalimaatit-taammati wadda’awaatil-mustajaabaati ‘aaqilil-hasani wal-husaini min anfusil-haqdrina-nail wasy-syayaatiin,-wa iy yakaadulladziina kafaruu layzliquunaka bi absaarihim lammaa samii’udz-dzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnuunuw wa maa huwa illaa dzikrul lil-‘aalamiin, wa mustajaabil-qur’aanilazi-‘aazi-‘aazim tawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdii haajatii wa aktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii lin-naasi ajma’ iina wa tabaa ‘adil-‘adaawata kullahaa mim banii aadama’ alaihissalaamu man kaana alaqiri’ah Subhaana rabbika rabbil-‘ized ‘ammaa yasifuuna wa salaamun’ alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.

Artinya:

“Ya Allah, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki Anugerah terdahulu, Yang Memiliki Wajah Yang Paling Mulia, Dan Mengatur Doa-Doaa Yang Sempurna dan Sholat Yang Efektif, Penjamin Al-Hasan dan Al-Husain Dari Jiwa Yang Memiliki Hak, Pandangan Kekuasaan Dan Yang Lebih Dari Itu untuk melihat dan dari sudut pandang jin, manusia dan setan.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir akan menyesatkan Anda dengan pandangan mereka, ketika mereka mendengar Al-Qur’an dan berkata, “Sesungguhnya dia (Muhammad) benar-benar orang yang gila, dan Al-Qur’an juga merupakan peringatan untuk semua umat. Dan Anda yang mengizinkan melalui Al-Qur’an yang agung. Dan Sulaiman As dan Daud As (Dia) adalah Yang Maha Pengasih, yang memiliki Arasy yang mulia.

Panjangkan umurku, jaga kesehatan tubuhku, penuhi kebutuhanku dan perbanyak hartaku dan anak-anakku, jadikanlah aku orang yang disukai seluruh umat manusia dan jauhkan aku dari segala permusuhan anak-anak Adam yang masih hidup. Dan akan ada ketetapan (hukuman) bagi orang-orang kafir. Sungguh, Engkau memiliki kuasa atas segala sesuatu.

Maha Suci Tuhanmu, bagi Tuhan yang memiliki kebesaran, dari apa yang mereka gambarkan (orang-orang kafir), dan semoga keselamatan atas para rasul, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Amalan Surat Nurbuat

Untuk menuai buah doa, itu harus dilakukan dengan niat yang jujur ​​dan hati yang tulus. Upaya harus dilakukan di luar doa. Berikut ini adalah beberapa amalan shalat nurbuat, yaitu:

  • Mengingat Allah

Kita akan terus mengingat Allah dengan membaca doa ini. Karena doa Nurbuat dibuka dengan kalimat-kalimat yang memuji Tuhan.

  • Disukai Banyak Orang

Salah satu kalimat dari doa ini meminta agar dijauhkan dari segala kebencian dan dicintai oleh orang lain. Jadi, saat Anda mempraktikkan doa ini, mohon semuanya.

  • Bikin Wajah Lebih Cerah

Seorang Muslim yang berdoa dan memuji Allah di depan orang lain akan bersinar. Termasuk yang membaca doa Nurbuat. Karena kata nurbuwah memiliki konotasi yang mulia, yaitu cahaya kenabian.

  • Melindungi Diri Dari Gangguan Jin

Surat nurbuat diduga dapat membuat seseorang kebal terhadap gangguan jin. Karena aaqilil khahani wal khusaini min anfusil khaqqi ‘ainil qudroti wan nadziriinawa’ aynil insi wal jinni ada dalam doa tersebut.

Manfaat Membaca Surat Nurbuat

Surat nurbuat ini sering dipraktekkan oleh para intelektual dan kiai karena didalamnya terkandung banyak sekali kelebihan atau manfaat.

  • Jika doa nurbuat ini dibaca secara konsisten setelah sholat fardhu maka dapat dikabulkan suatu keinginan.
  • Jika Anda mengikuti doa surat nurbuat ini, Anda bisa bertemu jin.
  • Dapat menyembuhkan hewan yang cacat bila dibacakan pada mereka. 
  • Jika dibaca saat matahari terbenam, semua dosa diampuni.
  • Musuh dapat menyayangi Anda ketika beraktivitas diluar rumah. 
  • Jika diperhatikan dan disimpan di dalam rumah, dapat melindungi rumah dari gangguan sihir, santet dan segala kejahatan lainnya.
  • Jika ditulis dan kemudian ditempelkan pada tanaman, dapat melindunginya dari serangan hama.
  • Jika didaftarkan dan ditempatkan di tempat yang angker, dapat mematahkan semangat jin.
  • Jika Anda membacanya setiap hari secara rutin, Anda akan menuai manfaat dunia dan akhirat.
  • Jika dibaca 50 kali setiap malam Jum’at, maka dapat terhindar dari sikap skeptis dan maksiat.

Baca Juga : Sholawat Munjiyat: Arti Bacaan, Manfaat & Karomah Amalannya

Nah itu dia penjelasan lengkap seputar bacaan doa surat Nurbuat. Bacalah doa ini dengan hati-hati dan menggunakan hati yang bersih dan ikhlas.

Leave a Comment