Ratibul Haddad: Pengertian, Keutamaan Membaca & Manfaatnya

Ratibul Haddad adalah amalan berbasis Hadramaut yang mencakup doa dan dzikir yang disusun oleh Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad al Haddad, seorang ulama Hadramaut (1055-1132 H). Karena amalan ini memiliki begitu banyak fitur yang kuat, maka praktik ini biasa dilakukan oleh umat Islam, khususnya di pesantren.

Pada malam lailatul Qadar 27 Ramadhan 1071 H, Ratibul Haddad disusun atas dasar ilham. Bacaan ini adalah yang paling terkenal dari banyak doa dan dzikir Habib Abdullah. Waktu terbaik untuk membaca Ratib Haddad adalah setelah Isya, dan Subuh adalah cara terbaik untuk membacanya, namun cukup membacanya sekali sehari semalam; yang paling penting adalah melakukannya setelah sholat Isya. Namun, selama Ramadhan, pembacaan ratib ini lebih diutamakan daripada shalat Isya.

Keutamaan Membaca Ratibul Haddad

Tidak hanya itu, jika seorang Muslim secara rutin membaca Ratibul Haddad, ia akan mendapatkan segudang manfaat lainnya.

1. Diberikan Kemudahan

Dzikir yang berisi puji-pujian kepada Allah, memiliki tujuan utama untuk mengingatkan manusia akan Penciptanya. Dzikir tidak hanya memberikan pahala, tetapi juga ketenangan pikiran, dan akibatnya Allah SWT pasti akan meningkatkan bisnis-Nya. Ratibul Haddad direkomendasikan kepada saya oleh banyak orang. Salah satunya adalah tentang kapal yang hilang dan berakhir di tepi jurang.

Saat itu tidak ada angin, sehingga kapal tidak bisa berlayar. Orang-orang kemudian membaca Ratibul Haddad di tengah keraguan mereka, berharap Allah akan menyelamatkan mereka. Angin datang dari kekuatan Allah dan membantu mereka menavigasi menuju tujuan mereka.

2. Dibantu Dalam Menghadapi Musuh

Menurut Billah Abdul Wahid bin Subait Az-Zarafi, pernah ada seorang raja yang mengerikan bernama Tahmas yang memerintah beberapa negara. Suatu hari dia mengumpulkan pasukannya untuk melawan wilayah Aughan. Sultan Sulaiman mengirim utusan untuk memberitahu Imam Habib Abdullah Haddad. Alhasil, Habib Abdullah Haddad mengirimkan ratib ini kepada Sultan Sulaiman dan para pengikutnya, meminta mereka untuk membacanya.

Sultan Sulaiman juga berlatih membaca Ratib dan memerintahkan prajuritnya dan rakyatnya untuk melakukannya. “Kami tidak akan diserbu Tahmas karena kami memiliki benteng yang kuat, Ratib Haddad,” katanya. Tanah Aughan terpelihara dari gempuran Tahmas dengan kuasa Tuhan.

3. Hati Yang Selalu Damai

Hati akan selalu tentram jika Ratibul Haddad dibaca secara rutin. Muhammad bin Ibrahim bin Muhammad Mughairiban, seorang warga Syai’ar, pernah berkata:

“Saya tidak pernah meninggalkan bacaan Ratib ini karena norma Sidi Habib Zainul Abidin bin Ali bin Sidi Abdullah Haddad yang selalu saya hormati. Suatu malam kami semua tertidur di awal waktu Isya’, tanpa membaca Ratib dan tanpa Sholat Isya’, juga Sidi Habib Zainul Abidin. Kami tidak bangun sampai pagi ketika kami menemukan bahwa sebagian dari rumah kami telah terbakar. Sekarang kami tahu bahwa semua ini terjadi karena kami tidak membaca Ratib. Oleh karena itu kami tidak tidak pernah kembali membaca.”

Baca Juga : Rebo Wekasan: Sejarah, Amalan, Doa & Cara Niat Shalat

Dan setelah membacanya, kami merasa nyaman, seolah-olah tidak ada yang membahayakan kami, dan kami tidak lagi khawatir tentang rumah kami, meskipun terbuat dari daun kurma. Dan jika kita tidak membacanya, jiwa kita akan gelisah dan penuh keraguan.”

Manfaat Membaca Ratibul Haddad

Kisah-kisah yang diterbitkan tentang orang-orang sebelumnya telah menunjukkan betapa dahsyatnya membaca Ratibul Haddad. Berikut manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan, yaitu:

  • Menjaga iman
  • Menjauhkan pikiran dari kemunafikan dan perbuatan zalim.
  • Menjaga diri, keluarga, harta benda dan lingkungan.
  • Dilindungi dari kejahatan kekerasan, termasuk ilmu sihir.
  • Mendapatkan rezeki yang melimpah dan halal.
  • Memperoleh ketenangan pikiran dalam hidup
  • Mendapatkan pengampunan dari dosa-dosa.
  • Menerima kenyamanan dalam menghadapi masalah dunia, akhirat dan masalah lainnya.

Ratib ini dibaca setelah shalat Isya, menurut buku karya Shabri Saleh Anwar Ratib Al-Haddad (2019). Sedangkan Ratibul Haddad dibaca sebelum salat Isya di bulan Ramadhan untuk menyiasati batas waktu yang disebabkan oleh shalat tarawih.

Download Ratibul Haddad PDF

Anda ingin mengamalkan bacaan Ratibul Haddad? Mudah sekali, silahkan download bacaan tersebut dalam file PDF (https://drive.google.com/file/d/1Spl0AeWt2UEfNc809-0QVyKbqNEAJO5x/edit) ini.

Ratibul Haddad Teks

Bagi Anda yang ingin langsung membaca nya, ini dia teks yang dapat Anda baca!

Ratibul Haddad Teks

Leave a Comment