Properti Tari Jaipong yang Berasal dari Jawa Barat

Tari jaipong merupakan tarian tradisional khas daerah Jawa Barat, dimana dalam membawakan tari ini harus harmonis dan enerjik. Adapun properti tari jaipong untuk menambah estetika pada saat menari.

Ketika seseorang sedang melakukan gerakan tari jaipong, dia harus membuat badanya seharmonis mungkin dan tetap terlihat cantik.

Tari Jaipong

Tari ini biasanya digunakan dalam acara tertentu yang bersifat sakral seperti pernikahan, penyambutan tamu-tamu penting, atau pesta besar lainnya.

Properti Tari Jaipong

Dalam melaksanakan pertunjukan tari jaipong, biasanya membutuhkan beberapa properti pendukung yang fungsinya untuk menambah nilai estetika. Berikut adalah beberapa properti tari jaipong yang mungkin anda belum tahu.

  • sampar atau selendang

Properti ini wajib digunakan oleh penari jaipong, karena sudah menjadi ciri khas. Biasanya selendang diikatkan pada pinggang atau bisa juga digantungkan di leher penari.

Pada setiap gerakan tari jaipong hampir semuanya melibatkan selendang, sehingga begitu pentingnya properti ini.

  • Apok

Yang dimaksud apok adalah sebutan baju yang digunakan oleh penari jaipong, biasanya berwarna cerah seperti merah, kuning atau biru. Karakteristik apok memiliki kancing yang dihiasi oleh bordiran bermotif bunga di bagian sudut pakaian penari.

  • Sinjang

Jika dilihat secara seksama, seorang penari jaipong menggunakan bawahan yang terlihat unik. Ini adalah yang disebut senjang, sebuah kain yang diikatkan pada pinggang sampai ke kaki (mirip celana).

  • Hiasan Kepala

Penari jaipong menggunakan hiasan yang mewah pada kepalanya, seperti mahkota. Ada banyak motif yang biasa digunakan, dan tidak semuanya sama. Yang jelas properti tersebut membuat penari wanita akan lebih cantik & elegan.

Musik Tari Jaipong

Ketika penari sedang memulai gerakannya, musik adalah salah satu pengiring agar sang penari terlihat lebih luwes. Dengan musik suasana akan lebih menjadi seru. Adapun peralatan musik yang digunakan sebagai pengiring adalah sebagai berikut :

  • Gendang

gendang adalah alat musik yang dimainkan dengan menggunakan tangan. Instrumen dari gendang akan membuat penari jaipong lebih enerjik.

  • Gong

Alat musik ini memiliki suara yang khas, jika dipukul akan berbunyi seperti ‘gong’.

  • Rebab

Seperti biola, cara memainkan alat ini adalah dengan menggesek dawainya. Namun alat musik ini adalah jenis alat jaman dulu yang masih populer saat ini.

  • Kecrek

Kecrek adalah alat musik perkusi yang sering digunakan dalam musik tradisional, begitu juga dengan tari jaipong. Kecrek menjadi pengiring pada setiap gerakan penari jaipong.

  • Vokal Sinden

Suara sinden akan terus mengiringi penari yang sedang melakukan gerakan-gerakan harmonisnya, sehingga akan lebih terlihat sakral.

Itulah properti tari jaipong yang berasal dari Jawa Barat.

Sebagai generasi penerus, tari jaipong tidak hanya sebuah tarian biasa melainkan sebuah warisan penting untuk dilestarikan sampai ke anak cucu kita.

Leave a Comment