Nibs: Pengertian, Kandungan, Manfaat & Jenis Olahan

Nibs atau biji kakao mentah telah terbukti menawarkan manfaat dan efek kesehatan yang luar biasa lho! Makanan ini juga menjadi salah satu makanan super yang dilirik para model dan selebriti untuk mempertahankan bentuk tubuhnya yang langsing. Lantas, apa yang membuatnya menjadi baik untuk dikonsumsi? Simak ulasannya berikut!

Pengertian Nibs

Nibs adalah makanan yang memiliki rasa yang mirip dengan biji kakao. Makanan ini dibuat dari biji kakao yang dipanggang dan dihancurkan yang telah mengalami proses pengeringan secara alami. Karena telah diproses sesedikit mungkin, nutrisi yang dikandungnya identik dengan yang terdapat pada biji kakao murni. Makanan ini juga kaya akan polifenol dan antioksidan, sehingga dianggap dapat memperbaiki penampilan kulit dan memiliki efek anti-penuaan.

Sebagai jenis cokelat yang paling murni, cacao nibs adalah salah satu makanan dengan rasa pahitnya cukup unik dan agak mirip dengan kacang tanah karena prosesnya yang minim dan tidak adanya tambahan gula.

Cacao nibs terkadang dikemas mentah oleh beberapa produsen. Namun, yang lain memanggang biji kakao sebelum menjualnya. Rasa pahit dan kaya biji kakao mirip dengan cokelat hitam tanpa pemanis. Makanan ini memiliki tekstur yang keras dan mirip dengan biji kopi panggang.

Kandungan Nibs

Cacao nibs memiliki ukuran yang kecil, namun mengandung jumlah nutrisi yang mengejutkan. Mereka adalah salah satu produk kakao yang paling sedikit diproses di pasaran, dengan gula yang jauh lebih sedikit daripada cokelat lainnya. Nibs merupakan pilihan yang lebih sehat bagi penggemar cokelat.

Tidak seperti banyak produk cokelat, nibs secara alami bebas gula. Mereka juga tinggi serat, protein, dan lemak sehat, yang semuanya berkontribusi pada perasaan kenyang yang dapat Anda rasakan setelah mengkonsumsi nya.

Mereka kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, zinc, mangan dan tembaga, di antara mineral lainnya. Magnesium adalah mineral yang diperlukan untuk lebih dari 300 aktivitas enzimatik dalam tubuh, meskipun kekurangan dalam makanan banyak orang.

Tembaga dan zat besi dibutuhkan untuk produksi sel darah merah, yang memasok oksigen ke tubuh Anda. Fosfor, magnesium, dan mangan sangat penting untuk tulang yang kuat. Biji kakao juga kaya akan bahan kimia tanaman yang kuat, seperti antioksidan flavonoid, yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Antioksidan Berlimpah

Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yaitu molekul dengan kelebihan elektron. Ketika radikal bebas melebihi antioksidan, stres oksidatif terjadi, yang telah dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis termasuk penyakit jantung, beberapa keganasan, penurunan mental, dan diabetes.

Faktanya, kakao dan produk cokelat memiliki kandungan flavonoid tertinggi dari semua makanan dalam hal berat. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid, misalnya, memiliki tingkat penyakit jantung, beberapa keganasan, dan penurunan mental yang lebih rendah lho! Wah keren sekali bukan manfaat dari kandungan ini.

Manfaat Nibs

Cacao nibs telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Simak ini dia keuntungan jika Anda mengkonsumsinya!

1. Efek Anti-inflamasi

Peradangan jangka pendek adalah aspek penting dari sistem pertahanan tubuh Anda, karena melindungi Anda dari kerusakan dan penyakit. Di sisi lain, peradangan kronis berbahaya dan telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Penyebab yang dicurigai sebagai peradangan persisten adalah peningkatan generasi radikal bebas. Makanan yang kaya antioksidan, seperti nibs dapat membantu melawan efek ini.

Efek anti-inflamasi ditemukan dalam biji kakao dan produk cokelat lainnya. Polifenol dalam kakao telah terbukti menghambat aktivitas protein NF-B, yang terlibat dalam proses inflamasi lho.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kapasitas anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi dari nibs dapat memiliki efek menguntungkan pada kesehatan imunologi. Anda perlu tahu bahwa dalam penelitian, kakao telah terbukti memiliki sifat imunostimulan. Kandungan flavonoid kakao membantu mengurangi peradangan dan dengan demikian meningkatkan fungsi imunologis secara keseluruhan.

Kakao juga dapat membantu jaringan limfoid terkait usus (GALT), elemen penting dari sistem kekebalan yang ditemukan di seluruh usus, untuk berfungsi lebih baik. Sekitar 70% dari semua sel kekebalan dalam tubuh ditemukan di GALT.

Dengan meningkatkan fungsi lapisan tertentu di usus yang membantu melindungi dari alergi makanan dan menjaga kesehatan usus.

Buat Anda yang sedang menjalani masa diet, konsumsi nibs terbukti mengurangi kepekaan terhadap antigen oral, racun, dan allergen.

3. Sifat Anti Kanker

Nibs mengandung antioksidan kuat yang dapat memiliki efek antikanker. Antioksidan dalam kakao, seperti epikatekin dan katekin, membantu mengurangi peradangan, mencegah penyebaran sel kanker, dan membunuh sel kanker.

Itu dia manfaat utama dari mengkonsumsi cocoa nibs secara rutin. Cukup mengagetkan bukan? Tak disangka manfaat nibs sangat besar bagi kesehatan tubuh. Namun, ada juga manfaat lainnya yang tentu memberikan Anda nilai positif, yaitu:

  • Diperkuat dengan serat

Buat Anda yang punya masalah pencernaan, coba deh untuk konsumsi nibs! Kandungan serat yang tinggi dari makanan ini dapat membantu memperlancar pencernaan dan bahkan masalah perut seperti sembelit. Ini juga dapat membantu mengatur tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol.

  • Mencegah Anemia

Biji kakao kaya akan mineral seperti magnesium dan zat besi, serta serat yang dibutuhkan oleh penderita Anemia.

  • Pemeliharaan Kesehatan Mulut

Tahukah Anda bahwa cacao nibs memiliki lebih banyak sifat antibakteri daripada teh hijau atau teh oolong? Bau mulut dapat diobati dengan antimikroba, yang juga dapat membantu mencegah plak dan bentuk kerusakan gigi lainnya.

  • Pengganti Snack Sehat

Nibs memiliki keuntungan karena diproses secara minimal. Disisilain, biji kakao ini dapat dimakan utuh sebagai camilan sehat. Ini sangat ideal untuk camilan sehat saat diet karena bebas garam dan gula!

  • Penambah Suasana Hati

Ingat bagaimana cokelat dapat mengangkat semangat Anda dan membuat Anda merasa lebih baik? Karena biji kakao dibuat dari bahan baku yang sama dengan cokelat, Anda akan mendapatkan manfaat yang sama, namun tentu dalam unsur yang lebih sehat!

Olahan Nibs

Biji kakao memiliki rasa yang dalam dan rasa yang jauh lebih pahit daripada cokelat paling gelap sekalipun, karena kurangnya gula tambahan. Akibatnya, saat menggunakan cocoa nibs untuk cokelat biasa dalam resep, Anda perlu mengubah rasa manis pada resep tersebut. Berikut adalah beberapa ide untuk memasukkan biji kakao ke dalam diet Anda:

  • Biji kakao dapat ditambahkan ke smoothie favorit Anda.
  • Anda dapat menyiapkan makanan yang dipanggang, seperti muffin dan roti dengan menambahkan biji kakao.
  • Cocoa nibs dapat dicampur menjadi mentega kacang buatan sendiri.
  • Untuk camilan penuh energi, pasangkan dengan almond dan kacang.
  • Biji kakao dapat digunakan dalam minuman kopi seperti latte macchiato dan cappuccino.
  • Makanan ini sangat baik dalam saus asin seperti barbekyu
  • Untuk rasa yang kuat, steak berkulit atau bebek dengan taburan cacao nibs.
  • Membuat minuman frappucino.
  • Gabungkan biji kakao , kelapa, mentega almond, dan kurma yang dihaluskan untuk membuat camilan.
  • Olahan pengganti cokelat atau meises
  • Di atas yogurt, taburkan biji kakao panggang.

Seperti yang Anda lihat, cocoa nibs / biji kakao dapat digunakan dengan berbagai cara. Rasakan produk berbasis kakao ini di rumah Anda untuk menemukan cara baru dan lezat untuk menggunakan bahan padat nutrisi ini.

Baca Juga : Edamame: Manfaat, Kandungan, Khasiat & Cara Masak

Cocoa nibs adalah produk berbahan dasar coklat yang terbuat dari biji kakao cincang dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Mereka kaya akan antioksidan, yang membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Bila dimasukkan dalam diet seimbang, makanan ini tentu akan meningkatkan kesehatan Anda dan memuaskan keinginan Anda akan cokelat juga.

Leave a Comment