Mau Cabut Gigi Di Puskesmas, Cek Dahulu Harganya!

Cabut gigi di puskesmas dapat Anda lakukan ketika karies atau gigi rusak dapat menyebabkan sakit gigi. Mereka akan membantu dengan menggunakan alat-alat yang tersedia di dalam puskesmas.

Sakit gigi sering disebabkan oleh kuman yang menempel di gigi, tetapi bisa juga disebabkan oleh gigi yang keropos dan berlubang besar, yang membuat sakit gigi semakin parah.

Cabut Gigi di Puskesmas

Sakit gigi dapat menyerang semua orang, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Adapun beberapa sakit gigi tersebut ternyata dapat diobati dengan obat-obatan lho. Namun, jika sudah semakin parah dan tak kunjung sembuh, maka Anda diharuskan untuk berkonsultasi ke dokter gigi.

Bila tidak mendapatkan penanganan yang benar, sakit gigi yang berkepanjangan dapat menyebabkan pembengkakan gusi dan produksi nanah. Gusi bengkak hanya bisa diobati dengan obat pereda nyeri dan gigi tidak boleh dicabut sampai gusi bengkak sembuh.

Pengalaman Cabut Gigi Di Puskesmas

Banyak orang yang sekedar mengunjungi dokter gigi atau puskesmas untuk memeriksakan kesehatan giginya serta untuk melihat apakah diperlukan tindakan atau tidak. Ketika sakit gigi datang, hal paling sederhana yang kita lakukan adalah pergi ke puskesmas untuk menambal gigi.

Sebagian besar gigi berlubang terjadi pada geraham, yang memiliki lubang besar, jadi jika makanan tersangkut di geraham Anda secara tidak sengaja, itu akan sangat tidak nyaman. Sakit gigi akan berkurang ketika sudah ditambal.

Tidak hanya itu, permasalahan umum yang kerap terjadi pada sakit gigi yaitu karena gigi bungsu yang tumbuh. Umumnya ini terjadi pada orang dengan rentang usia 17 tahun sampai 25 tahun. Adapun pengalaman cabut gigi di puskesmas saya terjadi ketika gigi bungsu pada geraham sebelah kiri atas harus patah.

Hal ini terasa mengganjal, lalu saya memutuskan untuk mencabut gigi tersebut. Saya mengunjungi salah satu puskesmas dan meminta penindakan untuk mencabut gigi. Setelah dokter memeriksa, ternyata gigi bungsu saya mau tertutup oleh gusi, sehingga dokter menyarankan untuk operasi. Namun, dokter masih mengusahakan untuk bisa mencabut. Ketika pencabutan gigi berlangsung hanya sedikit terasa sakit, dan tak memakan waktu yang lama, gigi saya berhasil tercabut.

Amankah Cabut Gigi Di Puskesmas

Banyak orang mungkin akan bertanya amankah cabut gigi di puskesmas? Tak hanya itu, beberapa orang mencurigakan kemampuan dokter gigi di puskesmas atau klinik layanan masyarakat. Hal ini tentu karena alasan harga berobat yang termasuk murah.

Baca Juga : Atasi Gigi Tonggos Dengan Pasang Behel, Ini Harganya!

Eitss, tunggu dulu! Walaupun tergolong murah, puskesmas memiliki kualitas dokter gigi yang tak kalah dari dokter yang bertugas di rumah sakit besar lho. Masyarakat tak perlu takut untuk berkonsultasi dan berobat ke dokter gigi di puskesmas, selama permasalahan gigi ringan dan bisa ditangani oleh para dokter disana.

Harga cabut gigi atau berobat di puskesmas yang terjangkau itu dikarenakan puskesmas mendapat subsidi dari pemerintah. Jadi, kalau misalkan biaya yang Anda bayar semakin murah, maka subsidi pemerintah di puskesmas tersebut cukup besar.

Biaya Cabut Gigi Di Puskesmas

Apakah Anda pernah bertanya-tanya, kira-kira berapa sih biaya cabut gigi di puskesmas? Apakah akan semahal ketika pergi ke rumah sakit? Yuk, simak penjelasan dibawah ini untuk kisaran harga lebih lanjutnya ya!

Biaya cabut gigi ataupun penambalan sebenarnya cukup bervariasi lho. Hal ini berkaitan dengan tingkat kesulitan pencabutan atau jenis bahan yang digunakan untuk penambalan gigi. Tidak hanya itu, lokasi bisa menjadi salah satu patokan harga yang berbeda-beda. Misalnya, jika Anda tinggal di kota besar, mungkin lebih mahal daripada di kota kecil, jadi Anda dapat memilih dokter gigi yang mengkhususkan diri dalam pencabutan dan penambalan gigi.

Puskesmas adalah pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia. Sesuai dengan namanya, fasilitas kesehatan yang disediakan digunakan untuk masyarakat dan biayanya relatif murah hingga gratis.

Dokter akan mengecek terlebih dahulu tingkat kesulitannya, apakah memungkinkan untuk dilakukan penambalan atau pencabutan gigi, bahan apa saja yang dibutuhkan untuk penambalan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan, semua akan diperhitungkan untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi.

Biaya tambal gigi puskesmas sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000, meskipun ada beberapa klinik yang menawarkan pencabutan gigi gratis. Sementara untuk tambal gigi di puskesmas biayanya antara Rp. 17.000 dan Rp. 25.000. Biaya ini biasanya akan melihat jenis dan bahan apa yang digunakan untuk menambal gigi.

Harga ini berdasarkan data puskesmas di Jabodetabek, perlu Anda ketahui bahwa biaya di tempat lain seringkali serupa, sehingga harga tambal dan cabut gigi di puskesmas ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur dan kisaran harga untuk puskesmas lainnya.

Leave a Comment