Laptop Hang Tiba-Tiba? Ini Penyebab & 5 Cara Mengatasinya!

Laptop hang tidak bergerak secara tiba-tiba mungkin sudah sering dirasakan oleh pengguna komputer notebook. Sangat umum pada laptop terutama perangkat yang sudah berusia dan sering digunakan untuk menjalankan program tertentu.

Ketika laptop tiba tiba hang, pasti terdapat masalah pada sistem. Jika hal ini kerap terjadi, semua pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan di depan laptop bisa terganggu. Laptop saat ini dianggap sebagai kebutuhan bagi pelajar, guru, pekerja kantor atau pengusaha.

Perangkat ini merupakan salah satu gadget yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kebanyakan orang saat ini, karena mudah dibawa dan digunakan. Dengan kemajuan teknologi internet, banyak pengguna laptop menginstal aplikasi tanpa mempertimbangkan kapasitas laptop.

Terlepas dari spesifikasi teknis laptop, ini memungkinkan laptop hang tidak bergerak alias hang dan menjadi tidak responsif, karena aplikasi yang kelebihan beban.

Penyebab Laptop Hang

Berikut beberapa penyebab laptop hang secara tiba-tiba yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu:

  • Memori Yang Tidak Cukup

Semua pengguna laptop umumnya menyadari kurangnya RAM yang terpasang sebagai penyebab laptop tidak bergerak. Oleh sebab itu, coba periksa kembali kapasitas memori yang terpasang. Sebaiknya upgrade memory Anda sesuai dengan kebutuhan penggunaan laptop.

  • Terlalu Banyak Program

Penyebab berikutnya yang dapat membuat laptop Anda tidak bekerja secara optimal yaitu terlalu banyak program yang berjalan. Kondisi ini justru akan memakan RAM lebih banyak lagi. Ada beberapa program yang terkadang berjalan di latar belakang bahkan saat Anda tidak menggunakannya, seperti perangkat lunak antivirus. Hal inilah yang dapat membuat kinerja laptop hang tidak bergerak.

  • Masalah Dengan Hard Disk

Hard disk model lama pada laptop masih menggunakan piringan baja dalam menjalankan program. Komponen penting dari piringan baja yaitu untuk menyimpan semua data pengguna. Kemampuannya untuk membaca atau menjalankan program akan berkurang jika piringan baja tergores atau jika kondisi hard disk memburuk.

  • Terdapat Virus

Bersarangnya berbagai virus, malware, atau program serupa lainnya adalah penyebab laptop tidak bergerak secara mendadak. Laptop Anda dapat terinfeksi virus yang dapat menjalankan banyak program sendiri dan bahkan menghapus file.

  • File Sistem Rusak

Semua file yang diperlukan untuk menjalankan program dikumpulkan di File Sistem. Laptop hang tidak bergerak jika satu atau dua file dalam folder tersebut rusak. Karena Anda hanya perlu meng-uninstall program, mungkin bukan masalah besar jika hanya ada satu atau dua program yang terpengaruh.

Namun, jika masalahnya ada pada sistem operasi atau file yang terkait erat dengan sistem operasi, maka laptop Anda akan sering mengalami crash. Anda harus berhati-hati dengan situasi ini, karena dapat berujung pada kerusakan permanen.

5 Cara Mengatasi Laptop Hang Sebagai Pertolongan Pertama

Cobalah beberapa cara memperbaiki laptop Anda yang tiba-tiba tidak bergerak atau lemot dengan langkah dibawah ini.

  • Matikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Ketika laptop hang tidak bergerak, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard Anda secara bersamaan. Kemudian Windows Task Manager akan muncul, memungkinkan Anda untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan CPU atau RAM paling banyak. Pilih “End Task” pada program yang tidak digunakan lagi.

  • Download Pembaruan Windows Terbaru

Cara mengatasi laptop hang berikutnya yaitu dengan menginstall pembaruan windows. Laptop tidak akan berfungsi dengan baik atau hang jika pembaruan OS tidak diinstal tepat waktu. Disarankan untuk menginstal Windows berdasarkan waktu.

Gunakan program Microsoft Windows resmi bila memungkinkan untuk mengunduh versi terbaru segera setelah tersedia. Saat menggunakan Windows 10, opsi pembaruan akan diaktifkan secara otomatis.

  • Tambahkan Cooling Pad Agar Laptop Tidak Panas

Ketika kondisi suhu laptop panas (overheating), maka akan menyebabkan prosesor tidak berkinerja dengan baik. Performa laptop akan menurun karena penurunan fungsi prosesor saat kepanasan. Agar laptop hang tidak terjadi, sebaiknya gunakan cooling pad atau fan untuk menjaga suhu perangkat.

  • Sering Membersihkan Lubang Ventilasi di Laptop

Selain sistem prosesor, kondisi ventilasi laptop Anda juga perlu diperhatikan. Pastikan kotoran dan debu tidak menghalangi ventilasi. Laptop bisa mengalami masalah serius jika ventilasi udara tersumbat, termasuk macet, kinerja prosesor lambat, dan kemungkinan kerusakan total. Membersihkan laptop secara menyeluruh dan teratur adalah cara terbaik untuk mencegah laptop mati tiba-tiba.

  • Menambah RAM

Jika laptop tiba tiba hang, RAM mungkin telah mencapai batas maksimumnya. Hal ini dikarenakan RAM laptop membutuhkan ruang yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Anda mungkin perlu meningkatkan ke konfigurasi RAM yang lebih tinggi jika Anda menjalankan beberapa program intensif sumber daya seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Autocad, atau Visual Studio secara bersamaan untuk memastikan kinerja tidak terganggu.

Baca Juga : 6 Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Anti Ribet Dan Cepat

Kemudian, bila laptop Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk berjalan atau berjalan lebih lambat dari biasanya, ini bisa mengindikasikan masalah dengan RAM. tidak hanya itu, kondisi laptop Anda yang sering restart sendiri, ini bisa menjadi tanda bahwa RAM rusak.

Demikianlah informasi seputar Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang. Anda harus mempertimbangkan program yang berjalan di laptop serta menggunakan metode yang disebutkan di atas untuk memperbaiki laptop yang sering hang. Aplikasi yang tidak terlalu penting sebaiknya dihilangkan untuk meningkatkan kinerja laptop.

Leave a Comment