Kiamat Kubra: Pengertian, Penyebab, Contoh & Maknanya

Sebagai umat Muslim, kita wajib mempercayai bahwa seluruh alam semesta akan dihancurkan. Sesuai dengan rukun Iman yang kelima adalah percaya pada hari kiamat.  Tidak ada hamba yang tahu kapan hari kiamat akan datang. Namun, tanda-tanda kiamat Kubra sudah ada tertulis yang dapat Anda pahami. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda agar siap menghadapi penghujung hari. Pengaturan yang terlibat dalam situasi ini adalah perbuatan baik di dunia.

Pengertian Kiamat Kubro

Kiamat Kubra adalah nama yang diberikan untuk hari terakhir dalam Islam. Informasi lebih lanjut tentang arti dan indikasi kiamat kubro dapat Anda temukan dibawah ini.

Definisi Kiamat Kubra

Kata “kubra” berasal dari kata Arab “kubra”, yang berarti “besar”. Dengan kata lain, kiamat Kubra adalah kiamat besar yang terjadi di bumi. Kiamat Kubra, dalam skenario ini, mengacu pada kiamat alam semesta, yang mengarah pada pemusnahan atau kepunahan umat manusia, tumbuhan, dan hewan.

Tanda-tanda kiamat Kubra seperti air laut akan meluap seperti tsunami, benda-benda langit akan jatuh dan gunung berapi akan meletus selama bencana. Semua kehancuran alam akan mendorong seluruh umat manusia untuk mencari keselamatan, tetapi tidak ada yang akan bertahan. Akibatnya, kiamat, juga dikenal sebagai hari terakhir atau kehancuran kosmos, adalah kematian semua makhluk hidup, yang akan dibangkitkan di akhirat.

Contoh Kiamat Kubra

Bagi orang Muslim, mengetahui contoh atau tanda-tanda kiamat Kubro merupakan sebuah kewajiban. Mengetahui indikasi kiamat Kubro meningkatkan keyakinan seorang Muslim bahwa akhir sudah dekat. Berikut tanda-tanda kiamat kubra, yaitu:

  1. Kemunculan Api

Kedatangan api yang akan menyatukan seluruh umat manusia adalah pertanda pertama kiamat Kubra. Api ini menyembur atau muncul dari kawah Aden. Kawah Aden terletak di Yaman, di lereng gunung berapi.

  1. Rusaknya Ka’bah

Penghancuran Ka’bah adalah tanda-tanda kiamat Kubra yang kedua. Zul-Suwayqatyn adalah nama orang yang akan menghancurkan Ka’bah. Dia berasal dari Abyssinia.

“Saya telah mendengar Rasulullah (PBSL) mengatakan bahwa Zul Suwayqatayn dari Abyssinia akan menghancurkan Ka’bah dan mencuri harta dan kiswah,” Abdullah bin Amr pernah mengamati. Dengan sekop, ia berencana menyerang dan menghancurkan Ka’bah.

Akibatnya, pembongkaran Ka’bah dapat mengakibatkan pengurangan jumlah hamba yang menyebut nama Allah SWT. Meski jumlah orang yang menyebut nama Allah SWT semakin berkurang, namun malapetaka Kubra tidak akan terjadi.

Hadis Sahih Muslim menegaskan hal itu: “Ini tidak akan terjadi sampai tidak ada lagi orang yang menyebut Allah”.

  1. Matahari Terbit Dari Barat

Matahari terbit dari barat adalah indikasi ketiga dari kiamat Kubra. Jika suatu saat matahari terbit dari barat, maka semua pintu amalan manusia tertutup. Acara ini hanya berlangsung selama satu hari.

Ketika Anda bangun di pagi hari dan menyaksikan matahari pagi terbit dari barat, bagaimana perasaan Anda? Jika kita percaya akan datangnya Hari Pembalasan, kita tidak akan bingung dan bersedia menerimanya sebagai tanda mendekatnya Hari Pembalasan.

  1. Munculnya Imam Mahdi

Kehadiran Imam Mahdi merupakan tanda-tanda kiamat Kubra keempat. Imam Mahdi adalah orang yang sangat saleh yang tidak ingin melihat ketidakadilan atau kebencian di bumi.

Imam Mahdi adalah keturunan Fatimah binti Muhammad dari garis keturunan Hasan bin ‘Ali RA. Sebagai keturunan dari Nabi Muhammad, Imam Mahdi memiliki dahi yang lebar dan hidung yang mancung.

Setiap manusia akan mengalami keadilan dan kekayaan di bawah bimbingan Imam Mahdi.

  1. Munculnya Dajjal

Munculnya Dajjal penanda datangnya kiamat Kubra kelima. Kedatangan Dajjal secara luas dianggap sebagai cobaan terbesar yang akan dihadapi orang-orang sebelum Hari Penghakiman. Dajjal adalah seorang anak laki-laki keturunan keturunan nabi Adam yang muncul di akhir zaman. Dajjal memiliki ciri fisik seperti ka-fa-ra tertulis di matanya. Hanya mereka yang percaya yang bisa membaca tulisan itu.

Mata kanan dajjal juga buta dan pupil matanya menyerupai buah anggur. Dia awalnya akan berpura-pura menjadi orang yang religius, lalu menjadi nabi, dan akhirnya menjadi dewa ketika dia pertama kali muncul di bumi.

Akibatnya, umat Islam harus percaya dan berdoa kepada Allah untuk perlindungan dari fitnah Dajjal. Selanjutnya, kita harus berusaha menghindari pertemuan dengan Dajjal agar tidak terpengaruh oleh fitnahnya.

  1. Turunnya Nabi Isa. A.S

Setelah kemunculan Dajjal di negeri Dajjal yang menyebarkan fitnah dan merusak bumi, Allah SWT mengutus Nabi Isa untuk memerangi Dajjal. Kedatangan Nabi Isa ke Bumi adalah pertanda kiamat Kubra keenam.

  1. Munculnya Binatang Melata

Munculnya reptil yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah merupakan tanda-tanda kiamat Kubra berikut. Munculnya reptil di bumi, menurut para penafsir, adalah karena keinginan Allah untuk menghukum orang-orang kafir. Dengan kata lain, siapa pun yang tidak percaya kepada Allah SWT akan dihukum.

  1. Kehadiran Ya’juj dan Ma’juj

Munculnya Yajuj dan Majuj adalah pertanda kesembilan dari kiamat Kubra. Yajuj dan Majuj adalah orang-orang yang senang mendatangkan malapetaka di planet ini.

Menurut Quran, Yajuj dan Majuj dipenjarakan di dinding logam atau benteng yang dibangun oleh Zulkarnain. “Wahai Zulkarnain, Yajuj dan Majuj adalah (bangsa) koruptor di bumi; dapatkah kami memberimu pahala sehingga kamu membangun penghalang antara kami dan mereka?” mereka bertanya.

  1. Terjadi Gempa Besar

Gempa bumi besar dan bencana alam lainnya adalah indikasi kedelapan dari kiamat Kubra.

  1. Munculnya Kabut Asap

Munculnya kabut adalah indikasi kesembilan dari kiamat Kubra. Allah SWT memunculkan kabut asap sebagai bentuk hukuman atau siksaan bagi orang-orang yang kafir dan menghargai perilaku maksiat.

Makna Kiamat Kubra

Setelah mengetahui tanda-tanda kiamat Kubro, meskipun terdengar menakutkan, percaya pada hari kiamat Kubra ini memberi kita banyak makna. Adapun makna yang bisa diambil:

  • Menjadi pemicu untuk memastikan umat manusia secara konsisten taat dan ikhlas dalam menjalankan perintah Allah SWT.
  • Lebih bertanggung jawab dan berhati-hati dalam banyak hal, karena ini dapat menyebabkan dosa.
  • Berperilaku benar dalam situasi sehari-hari.
  • Teguh dalam upaya Anda untuk menyenangkan Allah SWT.
  • Allah SWT akan membalas mereka yang menjalani hidupnya dengan harapan dan kepercayaan.
  • Ingatkan orang lain untuk selalu berbuat baik.
  • Menyadari bahwa semua makhluk akan mati dan bisa hidup abadi selamanya hanya di akhirat.
  • Sadarilah bahwa semua tindakan, baik atau buruk, akan diperhitungkan.
  • Perbanyak amalan ibadah dan hindari segala larangan.
  • Berikan ketenangan melalui kepasrahan, kesabaran dan gagasan bahwa semua perbuatan baik dibalas dengan kesenangan.
  • Kendalikan diri Anda agar tidak mudah terpengaruh oleh peristiwa duniawi dan lebih mengutamakan urusan akhirat.

Baca Juga : Surat Nurbuat: Arti Bacaan, Manfaat & Khasiat Amalannya

Itu dia beberapa penjelasan yang harus Anda ketahui mengenai tanda-tanda kiamat Kubra. Tujuan dari kejadian ini bukanlah untuk menakut-nakuti atau menimbulkan kekhawatiran. Justru, sebaliknya, hari-hari seperti ini berfungsi untuk mengingatkan umat manusia untuk selalu berbuat baik agar siap menghadapi kehidupan akhirat.

Leave a Comment