Keyboard Laptop Rusak? Berikut 1000 Cara Mengatasinya!

Keyboard laptop menjadi sparepart vital bagi para produsen laptop. Tak dipungkiri. menggunakan laptop sudah menjadi kebutuhan yang membantu dalam aktivitas sehari-hari. Alhasil, produsen laptop berlomba-lomba memberikan versi terbaiknya agar produk laptop bisa bersaing di pasaran.

Tidak seperti komputer lama, laptop modern memiliki banyak fitur. Salah satunya adalah dengan mematikan atau mengunci keyboard. Fitur ini dapat membantu penggunanya mengurangi kemungkinan salah ketik.

Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop Yang Terkunci

Menu pengaturan dapat digunakan untuk mengaktifkan keyboard yang terkunci. Metode di bawah ini akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkannya kembali.

Melalui Pengelola Perangkat

  • Klik kanan tombol “Start”, kemudian pilih “Manajer Perangkat” dari menu konteks ketika Anda
  • Luaskan “Keyboard” lalu klik kanan jenis keyboard yang muncul. Tunggu hingga proses selesai sebelum mengklik “Uninstall Device”.
  • Sekarang restart keyboard laptop Anda dan periksa apakah itu berfungsi dengan baik.

Troubleshoot Keyboard

  • Jika prosedur di atas tidak berhasil, coba langkah-langkah di bawah ini untuk mencari masalah pada keyboard laptop.
  • Pilih Troubleshoot dari menu Update & Security.
  • Pilih “Start” dan menu “Settings”. Kemudian, pilih “Update & Security”. Kemudian, di sebelah kiri, klik tab “Troubleshoot” dan tulisan “Additional troubleshooters”.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Scroll ke bawah ke “Keyboard”, klik “Run the Troubleshooter” dan tunggu prosesnya selesai. Restart PC Anda setelahnya.

Jika kedua cara diatas tidak dapat mengaktifkan kembali keyboard Anda, mungkin ini waktunya bagi Anda untuk mengganti sparepart keyboard dengan unit yang baru.
Kenapa Keyboard Laptop Tidak Berfungsi?

Keyboard laptop tidak berfungsi sebagian selalu menjadi keluhan bagi mereka yang aktif sekali menggunakan alat tersebut. Laptop adalah mesin portabel yang berguna, tetapi ketika menggunakannya secara teratur, error atau kerusakan dapat saja terjadi.

Tentu saja, jika Anda sering bekerja di perjalanan, laptop adalah salah satu peralatan yang paling portabel. Berikut adalah beberapa masalah umum dan penyebab kenapa keyboard laptop tidak berfungsi, yaitu:

  • Driver Keyboard Yang Salah

Salah satu penyebab paling umum dari keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya adalah masalah dengan driver keyboard. Masalah ini dapat terjadi ketika kami menyesal menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang dapat mempengaruhi pengoperasian keyboard. Hanya mematikan laptop dengan tidak benar dan tidak menggunakan perintah shutdown yang dapat memperburuk masalah ini.

  • Pengaturan Tidak Kompatibel

Alasan kenapa keyboard laptop tidak berfungsi berikutnya yaitu pengaturan yang tidak kompatibel. Ketika keyboard hanya berfungsi sebagian, kita menjadi marah dan cemas, terutama jika kita harus menyelesaikan pekerjaan. Pengaturan yang tidak kompatibel, yang terkadang dipengaruhi oleh penggunaan atau sistem tidak berfungsi dengan baik, adalah salah satu penyebab kegagalan sebagian keyboard.

  • Keyboard Kotor

Ternyata saat papan keyboard Anda kotor bisa menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Ketika kotoran, minyak, dan kontaminan lainnya menumpuk di laptop Anda, kemungkinan besar akan terjadi malfungsi atau berhenti bekerja.

Masalah ini sering terjadi pada beberapa orang dan sering diabaikan; kita tentu tidak menghadapinya. Spare part laptop ini juga memerlukan perawatan rutin untuk menjaga kondisi dan kinerjanya tetap optimal.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi menjadi salah satu jalan ninja bagi Anda yang masih mengharapkan keyboard berfungsi kembali. Salah satu komponen terpenting dari sebuah laptop adalah keyboard. Jika bagian ini tidak bekerja dengan baik, maka akan berdampak pada banyak hal, terutama pekerjaan atau studi. Berikut adalah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, yaitu:

Bersihkan Debu Dari Keyboard

Jika beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi, tombol tersebut mungkin tidak dapat merespons perintah karena debu telah menumpuk di atasnya. Cara membersihkan keyboard laptop yaitu dengan memiringkan laptop pada sudut 75 derajat dan goyangkan untuk menghilangkan debu. Kemudian, dengan menggunakan selotip untuk mengambil debu, bersihkan bagian atas dan bawah keyboard juga.

Tidak hanya itu, cara membersihkan keyboard laptop dapat menggunakan sikat berbulu lembut dengan menyeka sela keyboard dalam posisi terbalik. Anda juga dapat menggunakan kain microfiber yang dibasahi dengan air untuk membersihkan bagian tombol. Penambahan alkohol juga dapat membantu cara membersihkan keyboard laptop untuk noda yang membandel dan persisten pada permukaan laptop.

Restart Laptop

Kerusakan pada keyboard juga bisa disebabkan oleh masalah software atau driver. Untuk mengatasinya, restart laptop dengan menahan tombol power selama 5 detik.

Instal Ulang OS

Selain metode yang dijelaskan di atas, Anda dapat melakukan reset Windows untuk memulihkan mesin Anda. Untuk melakukannya, buka menu Start, pilih Control Panel, System and Security, lalu Backup your computer. Klik Restore System atau Computer Settings, lalu pilih Open System Restore di halaman berikutnya.

Penggantian Driver Keyboard

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi adalah memperbarui driver keyboard. Untuk melakukan ini, buka Control Panel, pilih System and Security, lalu Device Manager. Temukan driver keyboard di menu ini dan perbarui dengan menghubungkannya ke koneksi Internet.

Cara Memunculkan Keyboard di Laptop

Cara memunculkan keyboard di laptop sering dikenal sebagai keyboard di layar, adalah inovasi perangkat lunak yang memberikan alternatif untuk menggunakan keyboard komputer tradisional. Insinyur IBM (International Business Machines Corporation) menemukan dan mematenkan teknologi optik pada tahun 1992, yang memunculkan keyboard virtual.

Jenis keyboard virtual ini juga dikenal sebagai keyboard laser, adalah pilihan sederhana dan praktis bagi orang yang tidak dapat menggunakan keyboard biasa. Keyboard virtual menggantikan keyboard fisik dan mencegah peretas, keylogger, malware, dan Trojan mendeteksi dan menangkap kata sandi atau detail kartu kredit yang dimasukkan langsung ke keyboard fisik. Berikut beberapa cara memunculkan keyboard di laptop, yaitu:

Menggunakan Pengaturan

Untuk memulai, keyboard di layar dapat diaktifkan menggunakan menu atau pengaturan komputer. Keyboard virtual siap digunakan dalam satu atau dua langkah berikut:

  • Buka menu Start, arahkan ke kiri bawah layar dan klik ikon Windows.
  • Pilih Pengaturan> Kemudahan Akses> Keyboard dengan kursor ke atas.
  • Kemudian, di sebelah kanan, aktifkan opsi Keyboard Di Layar.
  • Selesai, keyboard di layar sekarang beroperasi.

Melalui Control Panel

Dalam hal ini, keyboard di layar diaktifkan menggunakan opsi Ease of Access Center di panel kontrol. Cara tercepat untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

  • Untuk membuka menu Ease of Access Center, tekan tombol Windows + U secara bersamaan.
  • Di kotak Access to Available Quick Tools, pilih opsi Launch On-Screen Keyboard.
  • Tunggu beberapa detik hingga keyboard di layar muncul di layar.
  • Selesai, layar virtual sekarang tersedia untuk digunakan.

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Cukup mudah cara menonaktifkan keyboard laptop. Saat dikombinasikan dengan keyboard eksternal, keyboard internal laptop yang tidak berfungsi agak merepotkan. Tak jarang, keyboard internal yang rusak salah pencet, membuat hidup penggunanya sengsara. Sebagian besar pengguna akan menonaktifkan atau mematikan keyboard bawaan untuk tujuan ini.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ada alternatif untuk mematikan keyboard laptop dengan cara berikut ini, mulai dari sementara hingga permanen.

Shutdown Keyboard Sementara

Anda dapat menonaktifkan sementara keyboard internal jika Anda masih menggunakannya meskipun beberapa tombol rusak. Karena menonaktifkan keyboard dilakukan langsung di pengaturan Windows atau tanpa menggunakan perangkat lunak lain, prosesnya sangat sederhana. Untuk menonaktifkannya, lakukan hal berikut:

  • Dalam pencarian Windows, ketik Device Manager.
  • Kemudian, klik dua kali pada Keyboard.
  • Daftar keyboard yang terhubung akan ditampilkan; pilih satu dan klik kanan. Kemudian, tekan tombol Update Driver Software.
  • Selanjutnya, klik Browse my computer for driver software.
  • Berikutnya, Anda bisa tekan Let me pick from a list of device drivers on my computer.
  • Hapus centang Show Compatible Hardware dan pilih driver yang tidak kompatibel dengan laptop. Kemudian tekan tombol Berikutnya.
  • Terakhir, klik Close jika proses sudah selesai.
  • Pop-up System Settings Change akan muncul, klik Ya untuk me-restart.
  • Keyboard internal tidak lagi dapat digunakan setelah reboot.

Matikan Keyboard Secara Permanen

Cara menonaktifkan keyboard laptop tersedia untuk menonaktifkannya secara permanen. Jika Anda tidak menggunakan keyboard internal secara keseluruhan, Anda dapat menggunakan opsi ini.

Baca Juga : Contoh Bio Instagram yang Menarik Follower

Akibatnya, keyboard internal tidak akan berfungsi lagi. Hanya saja Anda perlu memiliki keyboard tambahan yang praktis agar laptop tetap bisa digunakan. Berikut beberapa caranya yang cukup sederhana, yaitu:

  • Untuk memulai, tekan tombol Windows lalu ketik gpedit.msc.
  • Setelah Local Group Policy Editor terbuka, navigasikan ke folder Administrative Templates> System> Device Installation.
  • Jika demikian, buka Device Installation Restrictions.
  • Selanjutnya, klik dua kali file Prevent installation of devices not described by other policy settings.
  • Anda kemudian akan diarahkan ke pengaturan perangkat Mencegah instalasi. Pilih opsi Aktifkan di sini, lalu Terapkan dan OK.
  • Kemudian, buka menu start laptop.
  • Lalu, ketik Device Manager di kolom pencarian.
  • Kemudian, klik dua kali pada Keyboard.
  • Setelah itu, banyak keyboard yang terhubung ke laptop akan muncul; pilih salah satu lalu klik kanan.
  • Kemudian, klik Uninstall.
  • Jendela konfirmasi akan muncul, klik OK untuk melanjutkan.

Demikianlah informasi lengkap seputar keyboard pada laptop dengan berbagai permasalahan dan solusi yang dapat Anda terapkan. Semoga artikel ini memberikan manfaat!

Leave a Comment