Kawuk Binatang Unik Di Nusakambangan

Ketika mendengar nama Nusakambangan, apa yang terlintas di benak Anda? Tentunya terkait dengan eksekusi para penjahat kelas atas, seperti teroris yang menyerang Bali dan pengedar narkoba. Tapi apakah anda pernah mendengarkan kata kawuk ?

Pulau Nusakambangan adalah pulau yang terkenal, terutama dalam hal keamanan, karena memiliki keamanan maksimum dan penjara yang sangat aman. Tahanan yang dipenjara bukanlah penjahat kecil, melainkan orang yang telah dipenjara beberapa kali karena kejahatan keji.

Selain sebagai penjara, Nusakambangan juga dikenal sebagai tempat eksekusi terpidana mati, sehingga tidak heran jika juga dikenal dengan kemisteriusannya. Namun, di antara banyak misteri Nusakambangan, ada legenda umum tentang keberadaan binatang misterius yang memakan tubuh para tahanan. Sosok makhluk ini dikenal dengan sebutan Kawuk.

Mengenal Kawuk Nusakambangan

Kawuk adalah cryptid yang berasal dari Nusakambangan, sebuah pulau di Indonesia. Hal ini digambarkan sebagai reptil bipedal yang dikenal bermusuhan dan bahkan menyerang orang. Menurut penduduk Nusakambangan, binatang ini adalah pemakan bangkai atau mayat. Hewan ini dikatakan memiliki bentuk biawak, empat anggota badan, dan karnivora.

Mirip seperti hewan biawak atau komodo serta sejenisnya, hewan ini memiliki indera penciuman yang kuat. Yang membuat hewan ini berbeda adalah Kawuk memiliki keunikannya yaitu dapat “berdiri” dan menyerang manusia saat melihatnya. Mereka juga memiliki karakteristik berburu kawanan dan paling terlihat saat matahari terbenam. Akibatnya, penduduk pulau memilih untuk tidak menyimpan mayat atau bangkai makhluk apa pun di rumah mereka.

Mitos Hewan Kawuk

Menurut kepercayaan masyarakat, Kawuk ini adalah anggota spesies dengan ukuran fisik yang sangat besar. Hewan ini dianggap berkerabat dengan komodo dan biawak, tetapi ukurannya jauh lebih besar.

Meski asal usul nama Kawuk tidak diketahui, namun legenda yang melingkupi mereka cukup populer karena diklaim sebagai penjaga terluar LP Nusakambangan. Hewan ini dikatakan berpatroli di halaman penjara setiap saat dan tidak takut memakan penyusup atau manusia yang mati dan dibuang. Legenda hewan ini tidak terbatas di Nusakambangan, namun cerita ini juga dapat ditemukan di wilayah Pangandaran, Jawa Barat.

Dikatakan bahwa masyarakat Pangandaran memiliki pantangan untuk menyimpan mayat di dalam rumah, bahkan jika mati di malam hari. Mereka lebih memilih untuk mempercepat proses pemakaman agar Kawuk tidak mengunjungi mereka.

Hewan ini pernah dianggap sebagai perwujudan manusia yang mempelajari ilmu hitam dan bereinkarnasi sebagai Kawuk setelah kematiannya. Belum ada penelitian definitif yang menunjukkan keberadaan hewan yang menyerupai komodo tersebut, jadi belum ada cara pasti untuk mengetahui kebenarannya. Beberapa percaya bahwa legenda ini diciptakan semata-mata untuk mencegah tahanan Nusakambangan melarikan diri.

Sementara itu, menurut postingan di media sosial Facebook, seorang pemandu wisata lokal bernama Heri mengaku pernah melihat dengan mata kepala sendiri dimana sekelompok kawuk mengejar mayat temannya yang sudah meninggal di dekat desa Solok Timur.

Masyarakat Solok sudah terbiasa berdiam diri di dalam rumah hingga matahari terbenam, bahkan jika harus keluar rumah, mereka harus membawa parang sebagai senjata pengaman jika diserang Kawuk atau makhluk buas lainnya.

Asumsi Binatang Kawuk

Apabila melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), binatang Kawuk digambarkan sebagai “kadal raksasa Pulau Nusakambangan”. Meskipun biawak yang dikenal tidak menunjukkan perilaku berburu kawanan dan tidak “berdiri” sepanjang waktu seperti kawuk, ada kemungkinan bahwa hewan ini adalah spesies biawak yang tidak terdaftar.

Baca Juga : Tembung Camboran: Pengertian, Jenis & Contoh Kalimatnya

Perlu Anda ketahui bahwa komodo biasanya cukup baik terhadap orang-orang yang tinggal di pulau tempat mereka tinggal. Anda pasti sudah tahu kalau komodo dianggap saudara dari spesies yang berbeda oleh penduduk Pulau Komodo itu sendiri lho. Disisilain, Kawuk Nusakambangan langsung menyerang orang tanpa pandang bulu, meskipun manusia sudah lama tinggal di pulau itu.

Gambar Binatang Kawuk

Berikut ilustrasi atau gambar dari hewan yang masih menjadi misteri tersebut.

hewan kawuk pemakan mayat
kumparan.com
ilustrasi hewan kawuk
cryptidz.fandom.com

Itu dia penjelasan seputar binatang “Nusakambangan” yang konon katanya hanya ada disana. Hingga kini binatang ini masih menjadi sebuah misteri yang belum terpecahkan. Semoga pengetahuan ini bisa memberikan Anda manfaat dan wawasan baru.

Leave a Comment