Fungsi Creambath Serta 5 Jenisnya Untuk Rambut Badai Anti Rontok

Ada beberapa manfaat atau fungsi creambath yang serta membuat Anda merasa lebih santai. Salah satu perawatan rambut ini cukup populer dikalangan wanita. Siapa sangka, dengan menerapkan perawatan ini, rambut akan indah, sehat, dan berkilau. 

Pengertian Creambath

Creambath adalah perawatan rambut dan kulit kepala yang melembutkan, menutrisi dan menghidrasi rambut rusak sekaligus melindunginya dari kerusakan.  Layanan ini disediakan oleh hampir semua salon kecantikan. 

Perawatan ini digunakan untuk menjaga rambut dan kulit kepala dengan krim tertentu yang mengandung ekstrak komponen kimia maupun alami. Karena setiap jenis krim memiliki komposisi yang berbeda-beda, maka fungsi creambath tentu akan berbeda-beda.

Krim yang berbeda ini dapat mendukung pemeliharaan hidrasi rambut, memperbaiki ujung bercabang, memperkuat batang rambut untuk mencegah kerusakan dan meningkatkan penampilan rambut yang bercahaya. Tujuan pemijatan yang sering menyertai perawatan rambut ini adalah untuk meningkatkan jumlah nutrisi yang diserap oleh rambut dan kulit kepala. 

5 Fungsi Creambath Yang Baik Bagi Kesehatan Rambut

Bahan-bahan krim yang digunakan menentukan fungsi creambath, yaitu:

1. Rambut Jadi Lebih Lembut

Melembutkan rambut adalah salah satu fungsi creambath yang mungkin langsung Anda rasakan. Pastikan Anda membeli krim silika untuk mendapatkan manfaat ini. Pisang adalah pilihan alami jika Anda ingin menggunakan makanan organik. Selain itu, silikon dan mineral yang ditemukan dalam pisang membantu melembutkan dan membuat rambut Anda lebih bersinar.

2. Membuat Akar Rambut Kuat

Batang dan akar rambut dapat dirawat dengan creambath untuk mencegah rambut rontok dengan mudah. Lidah buaya dan telur adalah dua contoh produk alami creambath rambut rontok yang dapat ditambahkan ke dalam rutinitas Anda.

Nilai gizi dari dua komponen organik ini, yang meliputi vitamin A, E, biotin, protein dan folat, dapat meningkatkan pertumbuhan, penebalan dan pemeliharaan rambut. Untuk membuat rambut Anda lebih berkilau, Anda juga bisa mengkombinasikan madu dengan telur atau lidah buaya.

3. Mengatasi Rambut Kering

Kondisi rambut kering cenderung akan menyebabkan kusut dan patah. Kebanyakan creambath untuk mengatasi rambut ini mengandung minyak yang dapat memberikan hidrasi pada rambut. Untuk rambut kering, metode ini lebih efektif daripada menggunakan kondisioner.

4. Memiliki Efek Menenangkan

Pijat terapis dapat membantu mengendurkan otot-otot kepala, leher dan bahu serta memperlancar penyerapan krim. Suasana hati Anda dapat membaik jika kulit kepala Anda bersih dan tubuh Anda lebih tenang. Selain itu, pijat kulit kepala membantu meningkatkan aliran darah ke akar atau folikel rambut, membuat rambut lebih kuat dan sehat.

5. Memperbaiki Rambut Rapuh

Rambut bisa menjadi lebih mudah patah jika ditata dengan buruk, seperti dengan meluruskan, mengeriting, mewarnai, atau sering mengeringkannya dengan hairdryer. Selain itu, masalah rambut dan kulit kepala dapat disebabkan oleh sinar matahari, polusi udara, dan perubahan iklim.

Fungsi creambath adalah pilihan lain untuk menghindari kerusakan rambut. Pilih masker rambut dengan vitamin dan suplemen kolagen, yang akan memperbaiki dan menutrisi rambut Anda dari dalam ke luar.

Macam Macam Creambath 

Macam macam creambath yang sering dijumpai di salon-salon antara lain sebagai berikut:

  • Lidah buaya : varian ini bagus untuk rambut jenis normal. Jenis ini berguna untuk melembabkan, menebalkan dan menghitamkan rambut.
  • Alpukat : jenis ini baik untuk rambut kusam dan kering. Melembabkan rambut Anda dan menggunakan tabir surya untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.
  • Ginseng : creambath ginseng bagus untuk rambut rapuh dan rontok. Kandungan ginsengnya sangat ideal sebagai creambath rambut rontok yang membentengi rambut dari akar hingga ujung.
  • Strawberry : Bagi Anda yang suka mewarnai rambut, creambath strawberry sangat disarankan karena antioksidan dalam strawberry dapat menyeimbangkan kandungan kimia pada rambut yang diwarnai dan mencegah pigmen warna memudar.
  • Cokelat : jenis ini berguna untuk melembabkan, menutrisi dan menghitamkan rambut.

Biaya Creambath Serta Waktu Pengerjaan 

Rutin menerapkan creambath tentu akan menghasilkan kualitas rambut yang baik. Perawatan ini sebaiknya dilakukan satu hingga dua kali dalam sebulan, bagi Anda pemilik rambut normal. Namun, bagi Anda yang memiliki kondisi rambut kering serta membutuhkan perawatan lebih, Anda dapat melakukan creambath seminggu sekali. 

Baca Juga : 7 Model Rambut Sebahu Kekinian Yang Fresh Dan Stylish

Waktu pengerjaan creambath idealnya tidak lebih dari 30 menit. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan, maka perawatan rambut tidak memiliki efek positif pada rambut. Ketika rambut terlalu lemas, keratin lebih cenderung rusak. Tutupi rambut Anda dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat untuk hasil terbaik. Tujuannya untuk memperlancar penyerapan nutrisi di batang rambut.

Anda dapat melakukan creambath di rumah dengan membeli krim yang tersedia di toko atau e-commerce. Apabila Anda tidak sempat melakukan di rumah, salon kecantikan menjadi tempat ideal untuk Anda. Biaya creambath setiap salon tentu akan berbeda-beda, serta bergantung pada jenis krim yang digunakan dan paket perawatan. Namun kisaran harga tersebut dapat dimulai dari Rp 60.000 rupiah saja. 

Demikianlah informasi seputar kecantikan wanita perihal creambath. Sesuaikan kebutuhan dan kondisi rambut Anda dengan perawatan yang tepat, agar hasilnya terlihat maksimal. Selamat mencoba!