Fakta Unik Bunga Udumbara, Hanya Mekar 1000 Tahun Sekali

Bunga Udumbara adalah bunga yang berarti “bunga dari langit” dalam bahasa Sansekerta. Simbolisme dan tradisi yang terkait dengan bunga ini disarankan dari namanya. Oleh sebab itu, kehadiran bunga ini, ketika lahir dan mekar di suatu tempat, dianggap membawa keberuntungan. Unsur warna putih bersihnya juga melambangkan kesucian, yang membawa berkah dari atas.

Cerita rakyat yang beredar menyatakan bahwa bunga ini hanya mekar sekali setiap 3000 tahun. Kira-kira ukurannya seberapa besar ya? Eits! Mengenai ukurannya, Anda bahkan membutuhkan kaca pembesar untuk melihat sekilas keindahan bunga ini karena ukurannya yang sangat kecil. Tak ada yang mengira bahwa tanaman ini akan bertahan selama ribuan tahun dan menyebar ke seluruh dunia dalam bentuk sekecil itu. Bunga udumbara dapat tumbuh mulai dari permukaan kaca, kayu dan logam.

Peristiwa yang terjadi 25 tahun yang lalu di kuil Cheonggye-sa di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 1997 yaitu ketika bunga udumbara bermekaran di dahi patung Buddha. Foto-foto dan video peristiwa itu tersebar keseluruh dunia. Tahun 1997 menandai 3024 tahun lunar sejak agama Buddha pertama kali muncul, menurut kitab suci Buddhis.

Bunga surga ini memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan. Meskipun perawakannya sederhana, Udumbara memiliki aroma yang sangat aromatik. Jadi, jika Anda melihat bintik-bintik putih berkerumun di permukaan logam, kayu, atau kaca, segera ambil kaca pembesar; siapa tahu bisa jadi bunga Udumbara.

Keunikan Bunga Udumbara

Keunikan bunga udumbara ini yaitu diperkirakan tumbuh subur setiap 3.000 tahun sekali, bergantung sepenuhnya pada individu yang melihatnya. Memang karena bentuknya yang menyerupai telur serangga, keberadaan bunga ini sering kali disalahartikan. Meskipun ukurannya kecil, bunga ini merupakan bunga yang kuat, tahan dan mampu berbunga dalam waktu yang lama. Aroma harum dan pekat dari bunga udumbara ini juga menjadi salah satu ciri yang menunjukkan keberadaannya.

Mekarnya bunga ini yang langka juga dikaitkan dengan konsep bahwa seorang pemimpin yang benar dan bijaksana telah tiba dalam agama Buddha. Bunga ini unik karena dapat tumbuh di berbagai media selain tanah. Meskipun demikian, menemukan bunga ini cukup sulit lho.

Berbeda dengan bunga lain yang bisa menjadi simbol suatu negara, bunga ini tidak bisa diklaim begitu saja karena tumbuh di seluruh dunia dan belum ada pemerintah yang mengklaimnya sebagai bunga nasional.

Namun, bunga udumbara dapat tumbuh di habitat apa pun yang tumbuh, terlepas dari cuacanya. Ia mendapat julukan “bunga surga” karena ciri khasnya yang bervariasi dan aroma bunga ini yang sangat wangi.

Harga Bunga Udumbara

Secara umum, Anda akan sulit menemukan bunga udumbara yang dijual bebas. Salah satu alasannya yaitu bahwa bunga ini tumbuh di tempat yang kita tidak bisa tebak. Budidaya bunga surga ini masih sangat minim, karena fakta yang dipercayai oleh masyarakat bahwa jika bunga ini tumbuh, maka ada suatu hal baik yang akan datang. Oleh sebab itu, dapat dipastikan bahwa harga bunga udumbara akan sangat mahal jika ditemukan dan dibudidayakan.

Peristiwa “abnormal” ini tentu saja menginspirasi para ilmuwan dan individu dari banyak agama semuanya, sehingga memiliki perspektif unik mereka sendiri. Apapun masalahnya, kasus yang sangat tidak biasa seperti itu memaksa pikiran kita untuk mempertimbangkan sudut pandang alternatif yang radikal dan memperluas wawasan pengetahuan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai bunga surga yang jarang disadari oleh banyak orang. Cukup unik dan jarang Anda lihat tentunya bukan. Mulai kini, rajin-rajin mengecek apakah ada bunga tumbuh pada setiap sudut benda atau rumah Anda ya!

Leave a Comment