Dusun Semilir : Info Wahana, Harga Tiket Dan Lokasi Lengkap!

Dusun Semilir Eco Park di Semarang merupakan destinasi wisata yang populer. Bagi Anda yang mencari pengalaman wisata keluarga yang unik, destinasi ini menjadi pilihan ideal. Daya tarik utama dari Dusun Semilir Eco Park adalah konglomerasi beberapa wisata di satu tempat, memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai kegiatan rekreasi bersama keluarga.

Tempat wisata di Semarang ini merupakan destinasi wisata khas di Semarang, Jawa Tengah yang menawarkan berbagai wahana dan kesempatan berfoto. Kubah yang terkenal kemiripannya dengan Candi Borobudur merupakan bangunan utama Dusun Semilir dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Kemudian ada wahana berupa seluncuran raksasa dengan panjang 120 meter dan tinggi 40 meter yang dicat warna cerah. Lokasi tempat wisata ini cukup strategis, lantaran dekat dengan pintu keluar Tol Bawean, sehingga mudah diakses oleh pengunjung dari Jakarta.

6 Wahana Seru Dusun Semilir

Ada banyak jenis wahana yang tersedia di Dusun Semilir Eco Park, antara lain permainan seru, wahana edukasi, dan wisata alam. Wahana di sini menjadi lokasi ideal untuk foto keluarga untuk Instagram berkat desain bangunannya yang unik. 

1. Alas Tirta

Tempat berfoto bertema alam, dengan latar belakang berbagai tanaman hutan tropis dan hewan menarik seperti berang-berang, burung, dan ikan koi.

2. Jembatan Senggol

Jembatan Senggol yang dibangun menjorok ke taman ala desa dengan banyak spot foto dan tempat bersantai, menikmati suasana pedesaan dan semilir angin pegunungan, menjadi lokasi Instagramable. Spot foto yang sangat menarik dan bangunan-bangunan lain yang ada akan memanjakan pesona para pengunjung, terutama di malam hari.

3. Alun Eropa

Alun-Alun Eropa merupakan salah satu wisata Dusun Semilir yang memiliki gaya arsitektur Eropa dengan aksen yang semarak seperti Veneto, Maroko, Mykonos dan French village, memberikan kesan berada di salah satu kota indah di benua tersebut.

Anda dapat berfoto bersama, menikmati naik perahu dayung di sungai atau bersantai di trem dan kereta api kuno di European Square semuanya akan menjadi kenangan yang tak ternilai harganya.

4. Banyu Biru

Kawasan unik dengan tema tepi danau bohemian, Banyu Biru dilengkapi dengan air mancur menari, bantal taman, dan tenda gazebo untuk keluarga berkumpul atau bersantai. Di Banyu Biru, Anda juga bisa berfoto selfie sambil menikmati pemandangan dan udara segar.

5. Perosotan Pelangi

Anda bisa menaiki seluncuran semarak hingga 30 meter jika ingin merasakan aktivitas yang memacu adrenalin. Anda akan diberikan alat untuk digunakan sebagai alas untuk meluncur. Anda dapat mengambil foto saat meluncur di sepanjang seluncuran yang semarak dan mengamati sekeliling Anda dari atas.

6. Cafe Dusun Semilir

Anda tak perlu takut merasa lapar, karena tempat wisata ini menyediakan berbagai pilihan makanan seperti restoran, masing-masing dengan menu standar yang berbeda. Restoran Gunungan yang masih dekat dengan taman menawarkan berbagai pilihan menu. 

Terdapat juga sebuah restoran Eropa yang menawarkan menu makanan barat di benua biru dekat alun-alun Eropa. Jika Anda ingin memberi jajanan, tersedia area Foodcourt Sepoi Sepoi dan jembatan Senggol. Sedangkan Owl Cafe menawarkan tempat makan dengan pemandangan alam terbuka yang luas.

Fasilitas Dusun Semilir 

Berbagai macam layanan tersedia di Dusun Semilir untuk memanjakan para tamu. Bus, mobil, sepeda motor dan kendaraan besar lainnya dapat parkir di area yang luas. Selain itu, masjid dan ruang sholat tersebar luas di seluruh wilayah.

Destinasi wisata populer ini menawarkan kursi roda dan toilet khusus untuk penyandang disabilitas. Terdapat juga klinik, ATM, dan area khusus merokok. Ruang menyusui juga tersedia untuk Anda yang membawa bayi.

Waktu Operasional Dan Harga Tiket Wisata Dusun Semilir

Harga tiket masuk dan tiket wahana yang sedang berjalan tercantum di bawah ini. Jika dibandingkan dengan semua layanan dan keseruan yang ada, maka harga tiketnya terbilang cukup wajar.

Tempat wisata ini buka pada hari Senin hingga Jumat dari pukul 10:00 hingga 18:00 WIB dan pada akhir pekan dan hari libur mulai pukul 08:00 hingga 20:00 WIB. Harga tiket masuk Dusun Semilir adalah Rp. 25.000 (weekdays). 

Sedangkan untuk hari Sabtu, Minggu serta hari libur nasional (weekend) dibanderol Rp. 40.000. Anak-anak di bawah 12 tahun harus selalu didampingi oleh orang dewasa. Tidak ada biaya masuk bagi bayi dan anak-anak untuk memasuki kawasan wisata Semarang ini.

Lokasi Wisata

Anda dapat mengunjungi Dusun Semilir di kawasan Bawen Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, atau di Jalan Soekarno Hatta 49. Jika Anda datang dari luar kota, Anda bisa menggunakan jalan tol Semarang untuk menuju ke sini. Perjalanan memakan waktu sekitar 40 menit dari Semarang.

Baca Juga : Taman Senja Ngelo, Yuk Intip Seru Ngga Sih Liburan Kesini!

Demikianlah informasi seputar Dusun Semilir yang dapat Anda jadikan tempat berwisata di akhir pekan. Ajak sanak saudara dan kerabat untuk menghabiskan waktu bersama dan berswafoto di tempat hits Semarang.

Leave a Comment