Cara Menghitung Telat Haid dan Dikatakan Hamil Dengan Mudah

Buat para moms tercinta yang sedang mencari cara menghitung telat haid dan dikatakan hamil, berikut akan kami bahas secara detail. Simak ya moms untuk mendapatkan jawaban yang mantul.

Telat Haid

Telat haid adalah kondisi dimana wanita tidak mengeluarkan darah kotor dari dalam rahimnya pada waktu atau tanggal yang biasanya terjadi demikian. Kondisi ini sering dialami oleh beberapa wanita dari muda sampai remaja & emak-emak.

Waktu atau tanggal haid tidak menentu, artinya bisa saja terjadi di awal, pertengahan atau akhir bulan. Namun biasanya datang di pertengahan bulan ya moms.

Siklus Haid yang Normal

Haid yang normal biasanya memiliki siklus setiap 21-35 hari dan berlangsung 2 hingga 7 hari ya moms. Siklus ini tidak sama pada setiap wanita, karena banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah tingkat kesuburan.

Siklus haid yang normal biasanya ditandai dengan waktu yang teratur dengan durasi yang sama setiap bulannya. Ketika sedang haid, akan mengalami nyeri ringan atau berat dan ada juga yang tanpa rasa sakit.

Penyebab Telat Haid

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya telat haid, berikut akan kami berikan apa saja yang sering mempengaruhi terjadinya telat haid.

  • Stres

Stres adalah gangguan yang menyebabkan beban berat pada pikiran secara berlebihan, biasanya kondisi ini terjadi jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Tanpa disadari, stres membuat siklus haid menjadi tidak teratur ya moms.

Ketika mengalami stres, hormon kita akan terpengaruh. Bahkan sering terjadi mengakibatkan penurunan berat badan, otomatis akan mempengaruhi siklus haid. Ada baiknya jika sedang ami stres segera melakukan relaksasi atau bisa mengubah gaya hidup yang lebih sehat ya moms.

  • Gangguan Tiroid

Produksi hormon yang kurang akan mengalami siklus haid tidak teratur, hal ini dikarenakan metabolisme tubuh yang kurang baik. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif akan mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu.

  • Pemakaian KB Hormonal

Ketika sedang mengkonsumsi pil kb, pasti akan memmbuat siklus haid terganggu ya moms. Perlu diketahui pil kb mengandung hormon estrogen dan progestin yang menahan indung telur untuk melepaskan sel telur, sehingga terjadilah telat haid.

  • Hamil

Jika anda telat haid, bukan tidak mungkin adalah karena hamil. Pastikan anda menggunakan pengaman ketika sedang melakukan hubungan bersama suami ya moms.

Cara Menghitung Telat Haid

Ketika anda mengalami telat haid, silahkan untuk menghitungnya ya moms. Jika telat haid sudah melebihi dari 35 hari sejak hari pertama haid (HPHT).

Kita asumsikan bila hari pertama haid terakhir anda adalah pada tanggal 21 Januari, maka jika tanggal 26 Februari belum haid bisa dikatakan telat haid.

Segera untuk melakukan pengecekan dengan menggunakan alat test pack untuk mengetahui hasilnya, periksa sebanyak 2 kali dengan jarak 2-7 hari untuk memastikan hasil terbaik.

Itulah cara menghitung telat haid dan dikatakan hamil, mudah kan moms.

Leave a Comment