Cara Memundurkan Gigi Tonggos Secara Alami Ampuh 100%

Memiliki gigi yang tonggos bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri bukan. Anda mungkin ingin mempertimbangkan berbagai cara memundurkan gigi tonggos Anda. Masalah gigi dapat membuat sulit makan dan juga dapat menyebabkan kerusakan gigi, penumpukan plak dan penumpukan karang gigi.

Ketika Anda sakit gigi, itu bisa sangat menyakitkan dan berlangsung lama. Itu membuat kita kehilangan nafsu makan dan pusing. Salah satu metode yang paling populer untuk meluruskan gigi adalah dengan memasang behel.

Sayangnya, pemasangan kawat gigi ini cukup mahal dan Anda akan merasakan sakit saat pertama kali menggunakannya. Banyak orang membatalkan rencana mereka untuk memasang behel karena masalah tersebut.

Jangan khawatir, karena terdapat cara merapikan gigi tonggos secara alami. Lantas, bagaimana cara meluruskan gigi secara alami? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Memundurkan Gigi Tonggos Tanpa Behel 

Semua orang pasti menginginkan gigi yang putih dan rapi. Ada beberapa alasan yang menyebabkan gigi tonggos dan tidak rapi.  Berikut adalah beberapa cara memundurkan gigi tonggos secara alami, yaitu:

Menggunakan Tangan

Cara memundurkan gigi tonggos yang pertama adalah dengan menggunakan tangan. Sebelum memulai, pastikan jari Anda bersih atau dicuci untuk memastikan tidak ada kuman yang menempel dan membuat sakit gigi. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Dengan menggunakan tangan Anda, dorong gigi Anda ke dalam atau ke luar dengan lembut. Jangan terlalu keras, karena dapat
  • menyebabkan gigi retak dan gusi sakit.
  • Ulangi selama total 25 menit.
  • Anda dapat melakukan ini dua kali sehari sampai gigi Anda dalam kondisi yang baik.

Gunakan Sendok Nasi

Perlu Anda ketahui bahwa sesendok nasi bisa digunakan untuk meluruskan gigi secara alami. Prosedurnya juga cukup sederhana. Namun, cara alami ini hanya bisa digunakan ketika dalam keadaan memasak nasi. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Memasak nasi harus diaduk menggunakan sendok kayu.
  • Tunggu 5 menit.
  • Lepaskan sendok kayu dan gunakan untuk mendorong gigi Anda saat sudah agak hangat.
  • Lakukan ini secara perlahan selama 25 menit, lalu lakukan dua kali sehari.

Konsumsi Buah

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk merapikan gigi adalah dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan. Cara memundurkan gigi tonggos secara alami yaitu Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan dengan tekstur padat, seperti apel, jambu biji, pir, dan lainnya, sangat ideal. Tekstur buah yang keras dapat membantu Anda menjaga gigi tetap dalam kondisi yang lebih baik. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Buang kulit buahnya dan bersihkan sebelum dimakan.
  • Saat Anda mengunyah apel, gunakan buahnya untuk menyatukan gigi atas Anda.
  • Setelah beberapa menit, Anda bisa memakan buahnya.

Benang Gigi

Benang gigi biasanya digunakan untuk menghilangkan sisa makanan yang terperangkap di antara gigi. Disisilain, teknik ini dapat digunakan untuk meluruskan gigi. Benang gigi bisa dijadikan alternatif untuk mempraktekkan cara merapikan gigi dengan tangan jika Anda takut melakukannya. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Bungkus kedua ujung benang pada jari tengah tangan kanan dan kiri, kurang lebih sepanjang 45 cm.
  • Dengan bantuan ibu jari dan telunjuk Anda, pegang benang dengan kuat.
  • Masukkan benang dengan lembut di antara gigi Anda, lalu gosok dalam C.
  • Untuk menghindari melukai gusi Anda, gerakkan benang ke atas dan ke bawah dengan lembut dan hati-hati.
  • Terapkan teknik yang sama pada gigi yang tersisa.

Menggunakan Aligner

Banyak orang mungkin masih belum mengetahui cara memundurkan gigi tonggos tanpa behel. Saat digunakan, aligner adalah perangkat yang menopang gigi tipis dan terbuat dari plastik bening. Maloklusi kecil pada remaja dan dewasa dapat diobati dengan aligner.

Alat ini memiliki tampilan seperti kait yang biasanya dipakai setelah kawat gigi dilepas. Berbeda dengan retainer, alat ini seluruhnya terbuat dari plastik bening dan jauh lebih fleksibel. Kelebihan alat ini tidak akan mengganggu mengunyah dan menggigit makanan. Selain itu, ukuran aligner disesuaikan dengan ukuran gigi pengguna.

Baca Juga : Begini Cara Senyum Gigi Tonggos Tapi Tetap Cantik

Untuk hasil terbaik, aligner harus diganti setiap 2-3 minggu selama penggunaan. Alat ini tidak dapat dipasang oleh dokter gigi manapun. Sebaiknya Anda pergi ke dokter gigi atau ortodontis yang sudah banyak pengalaman. Karena pelurus gigi harus dilepas saat makan atau menyikat gigi, teknik penggunaannya sangat unik. Aligner baru kemudian dapat digunakan seperti sebelumnya.

Nah, itu dia cara memundurkan gigi tonggos secara alami yang dapat Anda coba di rumah. Jangan berkecil hati dahulu, Anda harus yakin dan konsisten dalam mencoba cara diatas. Selamat mencoba!

Leave a Comment