Barakallah Fii Umrik Artinya, Serta 10 Ide Ucapan Selamat Ulang Tahun

Di hari ulang tahunmu, apakah kamu sering mendengar kalimat “barakallah fii umrik”? Sudah tahu belum barakallah fii umrik artinya apa? Berikut definisi barakallah fii umrik dan lihat beberapa ucapan selamat ulang tahun Islam. 

Biasanya ucapan ulang tahun akan diikuti oleh sambungan kata “barakallah fii umrik”. Sebagai bentuk doa ulang tahun dalam Islam, kalimat barakallah fii umrik memiliki makna yang baik. Masuk akal jika ungkapan barakallah fii umrik sering digunakan bersamaan dengan ucapan selamat ulang tahun (yaumul milad).

Barakallah Fii Umrik Artinya

Barakallah fii umrik artinya secara harfiah yaitu “semoga Allah SWT meridhoi usiamu”. Yaumul milad sering digabungkan dengan frasa lain untuk membentuk “Yaumul milad, barakallah fii umrik” (Selamat ulang tahun, semoga Allah SWT memberkati usia Anda). Tergantung bagaimana Anda mengucapkan doa, Anda bisa mengucapkan barakallah fii umrik di awal atau di akhir kalimat.

Jawaban Tepat Untuk Barakallah Fii Umrik

Sudah sepatutnya seorang muslim menjawab setiap doa yang dipanjatkan oleh salah seorang saudara muslimnya. Misalnya, jika diberikan kata barakallah fii umrik, jawabannya harus mengikuti klausul dan pedoman yang ada.

Anda dapat menanggapi kata-kata dari seorang pria Barakallah fii umrik dengan mengatakan “wa fiika barakallah”. Namun, saat menanggapi perkataan dari seorang wanita, maka Anda bisa mengucapkan “wa fiiki barakallah”.

Adapun jawaban diatas memiliki makna yang baik yaitu dengan harapan bahwa Allah SWT juga memberkahi Anda kembali. 

Hukum Islam Tentang Pesta Ulang Tahun

Setelah memahami barakallah fii umrik artinya seperti apa dan bagaimana menyikapinya dengan tepat. Tentu Anda tertarik dengan tradisi Islam merayakan ulang tahun. Mengucapkan “barakallah fii umrik” atau “selamat” boleh saja dilakukan dalam Nahdlatul Ulama (NU). 

Karena tidak akan ada pahala atau dosa bagi pelaku, ini mungkin atau tidak mungkin dilakukan. Namun, jika ucapan selamat tidak dimaksudkan untuk berdosa atau jahat, hukum mubah akan berlaku.

Perayaan Ulang Tahun Dalam Islam

Orang sering membuang-buang uang dan berperilaku tidak pantas untuk merayakan ulang tahun. Misalnya, menghamburkan makanan hanya untuk menodai orang yang ulang tahun dengan kue atau pun tepung. 

Islam juga melarangnya karena barakallah fii umrik artinya melimpahkan berkah. Akibatnya, saat Anda menjalani hidup Anda, Anda harus merenungkan diri sendiri dan berdoa untuk satu sama lain.

Memberi hadiah boleh saja asalkan dilakukan dengan cara yang baik. Oleh karena itu, pemberian hadiah boleh saja asalkan tidak membebani orang lain. Hal ini sesuai dengan hadits no. 2585 ​​diriwayatkan oleh Bukhari.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dengan Barakallah Fii Umrik

1. Yaumul milad, barakallah fii umrik. Saya bersyukur bahwa Anda membuat hidup ini berharga. Seiring bertambahnya usia, semoga Allah SWT menjawab semua doa dan mengampuni segala pelanggaran.

2. Abi, selamat bertambah usia. Semoga selalu setia dan bahagia. Sayangku, barakallah fii umrik.

3. Saat Anda meniup lilin malam ini, dalam hati saya memohon kepada Allah SWT untuk membimbing Anda menjalani hidup dan terus memberkahi Anda dengan kebahagiaan. Cintaku, barakah fii umrik.

4. Selamat Milad barakallah fii umrik, suamiku tersayang. Terpuji Allah SWT karena telah mengirimkan kami pasangan yang luar biasa sepertimu. Saya berharap kamu memiliki hari yang istimewa, penuh dengan masa masa yang indah dan menyenangkan.

5. Miladuki sa’idy, sayangku, barakallah fii umrik. Semoga Anda selalu menjadi seseorang yang diinginkan surga dan pasangan yang menerima kebahagiaan selamanya.

6. Saya selalu berdoa atas nama Anda dan meminta kesehatan, kebahagiaan, dan kemakmuran materi yang lebih baik. Semoga Allah SWT melimpahkan berkah-Nya kepada Anda. Dear, barakallah fii umrik. Miladuki sa’idy.

7. Barakallah fii Umrik, suamiku dan ayah anakku. Amin. Semoga selalu diberkati.

8. Selamat ulang tahun untuk suamiku, barakallah fii umrik. Semoga Allah SWT mengabulkan semua keinginan Anda dan menghilangkan semua hambatan Anda. Saya sangat mencintaimu. 

9. Untuk suamiku, Selamat Milad Barakallah fii Umrik. Semoga rahmat dan berkah Allah SWT mengelilingi Anda hari ini. Semoga Allah SWT mencerahkan hari Anda dan berharap Anda lebih banyak tahun kesehatan dan sukacita.

10. Saya memohon kepada Allah SWT untuk memberi Anda kehidupan yang bahagia di hari ulang tahun Anda. Saya sangat menghargai Allah SWT yang telah memberi saya kesempatan untuk menjadi pasangan Anda. Selamat milad, cintaku barakallah fii umrik.

Baca juga : Bacaan Tahiyat Akhir Lengkap Arab, Latin, Dan Versi Muhammadiyah

Nah, itu pembahasan seputar barakallah fii umrik artinya beserta contoh ucapan yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga memberikan Anda manfaat dan inspirasi.

Leave a Comment