Atasi Gigi Tonggos Dengan Pasang Behel, Ini Harganya!

Gigi tonggos bisa membuat seseorang merasa minder atau menjadi kurang percaya diri tentunya. Siapa sangka bahwa struktur gigi yang menghadap ke depan dapat mengubah bentuk wajah dan mempersulit pemiliknya untuk menutup mulutnya. Lantas, apa sih yang menyebabkan gigi seseorang bisa begitu maju? Yuk Simak dibawah ini!

Pengertian Gigi Tonggos

Overbite atau maloklusi adalah istilah lain untuk posisi gigi yang terlalu maju. Keadaan ini bisa terjadi ketika posisi gigi atas lebih maju dari posisi gigi bawah. Tak hanya itu, situasi gigi seperti ini bisa terjadi lantaran rahang atas lebih besar dari yang seharusnya, tetapi rahang bawah berukuran normal, ataupun sebaliknya.

Faktor Penyebab Gigi Tonggos

Tahukah Anda bahwa penyebab gigi tonggos sering kali dikaitkan dengan penyebab genetik? Yap! Ini dikarenakan struktur rahang dan wajah kita diturunkan dari generasi ke generasi. Jika kakek-nenek Anda, orang tua, atau anggota keluarga lainnya memiliki kelainan gigi ini, bisa jadi Anda juga berisiko lho.

Selain pertimbangan genetik, ternyata penyebab gigi maju kedepan bisa terjadi karena rutinitas harian yang tidak benar. Berikut beberapa hal yang menyebabkan gigi Anda maju kedepan, yaitu:

  • Kebiasaan Menghisap Jempol

Karena mereka tidak bisa lagi mengisap puting susu ibu mereka, bayi kecil mengembangkan kebiasaan menghisap ibu jari mereka. Sebaliknya, mengisap jempol untuk waktu yang lama dapat memberi tekanan pada gigi depan, sehingga menyebabkannya gigi bermigrasi ke depan.

  • Menghisap Dot

Mengisap dot merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan gigi maju kedepan pada bayi. Gigi bayi yang suka mengisap dot umumnya lebih maju daripada bayi yang tidak.

  • Kelainan Susunan Gigi Dan Tulang Rahang

Gigi yang renggang atau tidak beraturan ternyata mampu membuat gigi atas Anda tampak lebih maju. Salah satu contohnya yaitu karies pada gigi atas yang dapat menyebabkan gigi lain bergerak dan mempengaruhi posisi gigi depan.

Demikian juga, jika tidak ada cukup ruang bagi gigi untuk tumbuh. Pertumbuhan gigi dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rahang dan struktur gigi, sehingga menyebabkan beberapa gigi menonjol lebih dari yang lain.

  • Tumor Di Mulut

Tumor di mulut ataupun rahang dapat mengubah bentuk rahang dan posisi gigi. Gigi dapat bermigrasi ke depan karena jaringan lunak yang abnormal atau pertumbuhan tulang di mulut atau rahang atas. Akibatnya, gigi Anda tampak tonggos.

Cara Mengatasi Gigi Tonggos

Gigi tonggos pada umumnya tidak memerlukan perawatan khusus kecuali jika menyebabkan masalah besar. Sejumlah seniman terkemuka mengabaikan kondisi gigi tersebut, sebut saja salah satu contohnya yaitu Freddie Mercury, penyanyi hebat dari band Queen.

Bagi Anda yang merasa khawatir dan ingin mempercantik penampilan, tidak ada salahnya mengunjungi dokter gigi untuk memperbaiki struktur gigi. Selain memperbaiki penampilan mulut, perawatan khusus juga dapat membantu mencegah masalah ini. Berikut beberapa cara memperbaiki gigi yang maju kedepan.

  • Memasang Kawat Gigi

Cara mengatasi gigi tonggos paling umum adalah pemasangan kawat gigi atau bracket. Semakin dini Anda memulai perawatan ini, semakin besar manfaatnya. Pastikan gusi dan gigi Anda, di sisi lain, sehat dan kuat.

  • Invisalign

Invisalign adalah prosedur yang digunakan untuk memperbaiki kelainan pada susunan gigi, seperti gigi yang terlalu sempit, lunak atau tonggos. Cara ini mengguakan plastik bening yang fleksibel dan didesain sesuai bentuk gigi.

Produk ini memiliki keunggulan yang cukup praktis dimana alat invisalign atau aligner bening yang bisa dilepas dan dipasang kembali. Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan gigi di invisalign, yang memiliki rongga yang sesuai dengan struktur gigi.

  • Tindakan Operasi

Pembedahan mungkin merupakan pilihan terbaik untuk memperbaiki masalah struktural yang parah pada rahang dan gigi. Untuk menstabilkan rahang, dokter mungkin menggunakan pelat atau sekrup. Pastikan untuk berbicara dengan dokter sebelum melakukan operasi perbaikan gigi atau rahang terlebih dahulu ya.

Harga Pasang Behel Gigi Tonggos

Bagi Anda yang memiliki permasalahan gigi ini, Anda tak perlu khawatir. Penggunaan behel dapat membantu memperbaiki gigi tonggos. Namun, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan apakah akan memakai kawat gigi atau tidak. Salah satunya adalah masalah penampilan. Dengan menggunakan behel, maka Anda harus rela menyembunyikan senyum menawan Anda dengan kawat gigi.

Disamping itu, ada hal yang perlu Anda ketahui, yaitu bahwa harga pasang behel gigi tonggos dapat bervariasi berdasarkan jenis kawat gigi yang dipilih. Yuk simak dulu kelebihan dan kekurangannya dari 5 jenis behel berikut ini.

  • Kawat Gigi Logam

Behel atau kawat logam adalah salah satu jenis alat merapikan gigi yang paling populer. Braket logam dipasang di bagian depan gigi menggunakan kawat gigi ini. Kawat gigi logam memberikan tekanan pada gigi, menyebabkan gigi bergerak ke posisi yang lebih teratur.

Jenis behel ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah gigi yang lebih sulit. Meski terlihat menyeramkan, Anda tidak perlu khawatir karena warna karet bisa diubah-ubah sesuai keinginan. Jadi meski memakai kawat gigi, Anda tetap bisa tampil menarik dan percaya diri.

Harga behel logam memiliki harga terendah dibandingkan dengan bentuk peralatan lainnya, yaitu estimasi berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 12.000.000.

  • Behel Transparan

Bagi Anda yang tidak terlalu ingin menunjukkan behel pada gigi Anda, kawat gigi transparan ini menjadi pilihan menarik. Ronanya transparan atau jernih dan sangat ideal untuk orang yang peduli dengan penampilan mereka.

Bentuk bracket ini dirancang untuk kasus perpindahan gigi ringan dan lebih unggul dalam hal estetika. Saat Anda makan atau menyikat gigi, bracket bening dapat dengan mudah dilepas. Namun, untuk hasil terbaik, kawat gigi bening ini harus dipakai minimal 20-22 jam setiap hari.

Kawat transparan ini sudah tidak diragukan lagi lebih mahal daripada behel sebelumnya, karena banyak keuntungan yang ditawarkannya. Harga pasang behel gigi tonggos dengan kawat transparan berkisar antara Rp13.000.000 dan Rp21.000.000.

  • Behel Keramik

Peralatan keramik memiliki penampilan yang sebanding dengan behel logam. Keduanya sama-sama menggunakan kawat, namun jenis keramik ini terbuat dari bahan bening yang cocok dengan warna gigi.

Saat menggunakan kawat gigi ini, Anda dapat memilih dari berbagai bahan, termasuk keramik, safir, dan komposit. Akan tetapi kelemahan dari jenis ini yaitu lebih mudah rapuh dan patah, sehingga tidak cocok untuk mengobati masalah gigi tonggos yang parah. Biaya pemasangan braket keramik diperkirakan antara Rp. 8.000.000 dan Rp. 15.000.000.

  • Self-ligating brace (Damon)

Self-ligating brace juga dikenal sebagai alat Damon yang menyerupai behel logam lho. Perbedannya yaitu jenis ini tidak memerlukan karet. Braket jenis braket ini memiliki klip logam kecil yang dapat “mengunci” kawat sendiri.

Bagi Anda yang punya pain tolerance rendah, lebih baik untuk menggunakan behel damon ini. Alhasil, tak heran jika harga kawat gigi self-ligating lebih mahal, yaitu mulai dari Rp10.000.000 hingga Rp30.000.000.

  • Kawat Gigi Lingual

Kawat gigi lingual memiliki penampilan yang sebanding dengan kawat gigi logam. Namun, yang menarik dari jenis ini yaitu pemasangan kawat dan bracket di bagian dalam gigi Anda, sehingga orang lain tak akan menyadari bahwa Anda sedang memakai kawat gigi. Oleh sebab itu, plus point jenis ini membuat kawat dibanderol lebih mahal daripada jenis lainnya. Biaya kawat gigi rata-rata antara Rp 20.000.000 dan Rp 75.000.000.

Sangat penting untuk mempertimbangkan harga pasang behel gigi tonggos. Namun, jangan terkecoh dengan harga yang murah juga ya. Pastikan Anda menggunakan braket berkualitas baik dan dipasang oleh dokter gigi yang memiliki reputasi baik.

Leave a Comment