8 Gambar Poster Hemat Energi Yang Mudah Dibuat Dan Keren

Menghemat energi merupakan salah satu cara untuk mencintai bumi. Membuat poster hemat energi akan memungkinkan Anda untuk mengajak orang melakukan hal positif tersebut. Bentuk media komunikasi poster menjadi salah satu alat komunikasi untuk menyampaikan isi pikiran. 

Definisi Poster Hemat Energi

Poster adalah pengumuman kepada publik tentang suatu gagasan, dimana gagasan tersebut merupakan suatu hal yang penting. Biasanya poster yang eye catching dengan teks yang mudah dibaca berupa gambar dan frase ditempatkan di ruang publik.

Hasil poster sebagai alat komunikasi merupakan perpaduan visual antara desain, warna, dan pesan yang memikat. Tujuan pemasangan poster adalah untuk menarik perhatian dan menyampaikan ide.

Contoh poster hemat energi adalah salah satu media sosial yang paling tidak memakan energi. Poster digunakan untuk memastikan bahwa kehidupan di bumi terus berlanjut, maka manusia perlu menghemat energi. Kesadaran masyarakat dapat ditingkatkan dengan mempromosikan perilaku hemat energi. 

Poster adalah kombinasi visual yang menarik dari desain yang menarik, warna-warna cerah, dan pesan yang dimaksudkan untuk menarik perhatian. Alhasil, poster yang mendorong konservasi energi menjadi call to action bagi media visual dengan pesan menawan dan estetis.

Artinya poster tidak boleh menggunakan kalimat yang terlalu panjang, rumit atau tidak jelas. Bahasa poster harus sederhana untuk dipahami dan memotivasi seluruh lapisan masyarakat. Plus, poster menampilkan grafik dan pola yang menarik.

Berikut adalah beberapa judul poster hemat energi yang dapat Anda gunakan pada poster untuk mendorong teman menghemat energi:

  • Awali dari diri sendiri, matikan lampu jika sudah tidak digunakan.
  • Hemat energi untuk mengurangi biaya.
  • Menghemat bahan bakar untuk menghemat uang.
  • Mari hemat energi jika kita mencintai planet ini!
  • Ayo hemat energi untuk masa depan!
  • Hemat energi untuk memastikan masa depan yang cerah.
  • Mari hemat energi untuk menyelamatkan planet ini!
  • Hemat energi bersama! Saat tidak digunakan, matikan lampu.
  • Minyak dan batu bara pada akhirnya akan habis, jadi ayo hemat energi!
  • Orang pintar menghemat energi daripada menyia-nyiakannya.
  • Mari hemat energi agar masa depan tetap menjanjikan!

Gambar Poster Hemat Energi

1. Hemat Energi, Hemat Listrik

gambarr poster Hemat Energi, Hemat Listrik

Format saja tulisan Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas jika Anda tidak ingin bertele-tele. Kemudian Anda dapat mengalihkan fokus Anda ke representasi alam dan energi berbasis bola lampu.

2. Hemat Energi, Selamatkan Bumi

Hemat Energi, Selamatkan Bumi

Anda hanya perlu mencari ilustrasi bumi dan bola lampu untuk membuat poster dengan gaya ini. Kemudian, untuk menekankan dampak negatifnya terhadap lingkungan, tempatkan gambar bumi di dalam bohlam. Sebagai langkah terakhir, cukup tuliskan kata-kata yang berfungsi sebagai ajakan untuk menghemat listrik.

3. Ayo Menghemat Air Bagi Masa Depan

Ayo Menghemat Air Bagi Masa Depan

Salah satu sumber daya yang sering digunakan orang atas kebijaksanaan mereka adalah air. Poster hemat energi air ini mengingatkan semua orang bahwa sangat penting untuk menggunakan air dengan bijak agar dapat dimanfaatkan hingga masa yang akan datang. 

4. Poster Hemat Energi Listrik

Poster Hemat Energi Listrik

Salah satu cara paling sederhana untuk menghemat energi adalah dengan mematikan lampu saat tidak digunakan. Ini bisa menjadi contoh poster hemat energi listrik berikutnya. Sertakan ilustrasi saklar lampu dengan kata-kata hidup dan mati beserta gambar bola lampu.

5. Matikan Lampu Jika Sudah Tidak Dipakai

gambar poster Matikan Lampu Jika Sudah Tidak Dipakai

Gambar poster hemat energi listrik kartun ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk menghimbau masyarakat untuk mematikan lampu bila sudah tidak digunakan. Tidak hanya itu, pesan poster ini juga mengajarkan kita untuk mencabut listrik jika sudah tidak dipakai.

Mengapa Harus Menghemat Energi?

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan efisiensi energi adalah dua cara untuk menghemat uang dengan cepat dan memenuhi permintaan energi yang terus meningkat. Berikut adalah tujuan penghematan energi:

  • Lingkungan

Menghemat energi dapat mengurangi emisi gas rumah kaca, berbagai polusi, dan penggunaan air.

  • Ekonomi

Meningkatkan efisiensi energi dapat mengurangi biaya listrik, menciptakan lapangan kerja dan menstabilkan harga dan volatilitas listrik.

Cara Membuat Poster Hemat Energi 

Adapun tips membuat poster hemat energi air maupun listrik harus memahami tiga kaidah utama, yaitu:

1. Kalimat

  • Berbicaralah dengan bahasa yang jelas dan sederhana.
  • Kalimat-kalimatnya ringkas, padat, dan jelas. Kata-katanya kuat, menggugah dan mudah diingat.

2. Gambar

  • Gambar dibuat menarik sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.
  • Susunan huruf dan gambar pada selembar kertas besar.
  • Perubahan dimensi ruang publik
  • Dapat dibaca dengan santai.

3. Presentasi

  • Tempelkan ke permukaan datar, ruang publik, atau dinding apa pun
  • Dibuat dengan warna cerah dan kontras.

Baca Juga : Gambar Pemandangan Alam yang Indah dan Mudah Digambar

Nah, itu dia informasi seputar 5 Gambar Poster Hemat Energi Yang Mudah Dibuat Dan Keren. Teks instruksional dapat digunakan pada poster untuk menguraikan cara bertindak. Namun, gambar atau visual juga harus mendukung teks tersebut. Intinya, presentasi Anda harus menarik dan mudah diikuti oleh para pembaca, agar pesan untuk menghemat energi dapat tersampaikan dengan tepat.

Leave a Comment