10 Daftar Panti panti Asuhan di Bali Beserta Alamatnya

Panti asuhan di Bali terletak di berbagai berbagai daerah. Umumnya, anak-anak yang terlantar atau tidak memiliki orang tua lah yang tinggal di sana. Mereka yang tinggal di panti asuhan ini umumnya diadopsi oleh pasangan suami istri yang ingin menambah anggota keluarga mereka. Selain itu, aktivis sosial sering melakukan kegiatan amal di panti asuhan.

Pengertian Panti Asuhan

Sebelum mengurai list panti asuhan di Bali, memahami arti dari lembaga ini adalah hal yang penting. Panti asuhan adalah salah satu jenis organisasi kesejahteraan sosial dengan tugas khusus. Tugasnya adalah untuk memberikan pelayanan kepada anak-anak terlantar dan kesejahteraan sosial melalui adopsi jarak jauh.

Selain itu, lokasi ini menawarkan layanan penggantian orang tua atau wali untuk mendukung kebutuhan sosial, emosional dan fisik anak. Oleh karena itu, anak yang tinggal di sini masih bisa memiliki banyak kesempatan untuk pengembangan kepribadian yang sesuai dan memadai. Hal ini sejalan dengan harapan generasi penerus bangsa yang akan berperan aktif dalam pembangunan negara dan cita-cita negara.

Fungsi dan Tujuan Panti Asuhan

Panti Asuhan atau Lembaga Kesejahteraan Anak (LKSA), menurut Departemen Sosial Republik Indonesia (1997), memiliki berbagai tujuan yaitu sebagai pusat bantuan sosial untuk anak. Panti asuhan berfungsi sebagai pusat pengembangan, pencegahan, pemulihan dan keamanan. Tidak hanya itu, tempat ini merupakan pusat data dan informasi, serta nasihat tentang kesejahteraan sosial anak. Disini, anak-anak didik dengan fungsi pendukung untuk mengembangkan keterampilan. Panti Asuhan adalah organisasi yang mendukung perkembangan kepribadian anak remaja dan peran keluarga dan masyarakat.

Departemen Sosial Republik Indonesia menyatakan pada tahun 1997 bahwa tujuan panti asuhan adalah sebagai berikut:

  • Membantu dan membimbing anak-anak terlantar menuju tingkat perkembangan pribadi yang wajar dan perolehan keterampilan kerja. Layanan ini didasarkan pada profesi pekerjaan sosial. Hal ini dilakukan untuk membantu mereka berintegrasi ke dalam masyarakat dan belajar untuk berperilaku terhormat dan bertanggung jawab terhadap keluarga mereka, masyarakat dan diri mereka sendiri.
  • Penyelenggara bakti sosial bagi anak-anak di panti asuhan dalam rangka menciptakan orang dewasa yang berkepribadian dewasa dan berbakti, yang juga mampu menghidupi keluarganya melalui pekerjaannya.

Jelas dari uraian di atas bahwa tujuan dari panti asuhan adalah untuk membantu anak angkat menjadi orang dewasa yang terhormat dengan menawarkan pelayanan, bimbingan dan keterampilan.

10 Daftar Panti Asuhan di Bali

Berikut daftar panti asuhan di Bali yang dapat Anda jadikan referensi.

1. Panti Asuhan Rumah Impian 

Panti asuhan di Bali yang pertama ini didirikan oleh orang asal Korea yang bernama Mr Kim Young Gil. Tempat ini didirikan pada tahun 2005, dan beralamat di Jl. Soka no 99, Kesiman/Kertalangu, Denpasar Timur. 

2. Panti Asuhan Tunas Bangsa

Sejak tahun 1993 telah menawarkan layanan bagi anak-anak kurang mampu untuk ditempatkan di panti asuhan sejak usia 0 bulan sampai dengan usia 18 tahun agar mereka dapat berintegrasi kembali ke dalam masyarakat atau keluarga dan menjadi mandiri. Panti asuhan ini berada di Jalan Gunung Seraya I no 25, Denpasar. 

3. Yayasan Sayangi Bali

Panti asuhan di Bali ini memberikan pelayanan untuk merawat bayi bayi yang terlantar. Lokasi panti berada di Jalan Subak Dalem No. 5, Gatot Subroto Tengah.

4. Panti Asuhan Tatwam Asi

Yayasan Sosial Tat Twam Asi didirikan pada tahun 1987 untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak usia sekolah atau putus sekolah untuk mengikuti pendidikan formal (dari sekolah dasar hingga sekolah menengah), terutama bagi anak perempuan dari keluarga berpenghasilan rendah dan mereka yang tinggal di panti asuhan. Lokasi panti berada di Jl. Jaya Giri IX, Dangin Puri Klod, Denpasar Timur. 

5. Panti Asuhan Muhammadiyah Denpasar

Salah satu amal yang dijalankan oleh gerakan Islam Persyarikatan Muhammadiyah adalah panti asuhan. Panti asuhan di Bali ini berdiri berdasarkan keinginan hati untuk mengatasi permasalahan sosial seperti yatim piatu dan banyaknya anak terlantar. Panti asuhan berada di Br. Seblanga Gg. Penataran Sari No. 20, Kota Denpasar, Bali 80221

6. Panti Asuhan Sakinah

Panti Asuhan Sakinah hadir untuk membantu anak yatim dan anak terlantar akibat kesulitan keuangan. Anak asuh diharapkan bisa mandiri setelah meninggalkan panti asuhan berkat perlindungan dan pendidikan yang mereka terima. Tempat ini terletak di Jl.Palapa XIV Gg. Ikan Blukus No.1, Sesetan, Kec. Denpasar Sel, Kota Denpasar, Bali 80224. 

7. Miftahul Falah 

Sebuah lembaga swadaya masyarakat bernama Panti Asuhan Miftahul Falah terletak di Sanur. Pertemuan berbuka puasa dengan anak yatim diadakan secara rutin di sini, terutama selama bulan suci Ramadhan.

8. Panti Asuhan KH II Mas Mansur

Panti asuhan di Bali ini membantu merawat dan membimbing anak-anak terlantar dan kurang beruntung. Saat bukan bulan Ramadhan, ormas-ormas kepemudaan kerap berbuka puasa bersama anak asuh. Panti berada di lokasi jalan Tukad Pule 7A Selatan, Denpasar. 

9. Panti Asuhan Dharma Jati II

Anak-anak terlantar ditampung dan dididik di panti asuhan Dharma Jati II. Mereka diberikan pendidikan untuk belajar menjahit, membuat bakso, berolahraga dan menari. Panti asuhan di Bali ini juga memberikan pelayanan pendidikan formal, serta bagi anak asuh yang sudah dewasa diberi tanggung jawab untuk mengasuh anak yatim piatu yang masih kecil. Dinas Pendidikan Provinsi Bali membayar gaji tenaga para pengajar. Lokasi panti ini berada di jalan Trengguli no 80, Bali 80237.

10. Rumah Anak Al Islam

Panti Asuhan Al Islam Hidayatullah di Denpasar menawarkan rumah bagi anak yatim dan pemuda yang masih ingin berjihad untuk mencari ilmu tetapi tidak memiliki sumber finansial yang memadai.

Atas persetujuan Provinsi Bali dan Departemen Sosial RI, lembaga ini berdiri pada 1999. Saat ini ada 60 anak yang tinggal di panti Al Islam Hidayatullah, dengan latar belakang pendidikan mulai dari TK hingga SMA. Alamat berada di Jl. Raya Pemogan no. 54 Br, Kampung Islam, Kepaon, Denpasar, Bali.

Baca Juga : 4 Pembagian Kasta di Bali Beserta Sejarah Singkat

Demikianlah daftar mengenai panti asuhan di Bali beserta alamat lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar yayasan yatim piatu.

Leave a Comment